PENGARUH JOB INSECURITY DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA TURNOVER INTENTION (Studi Pada Divisi Produksi CV. Cipta Usaha Mandiri di Temanggung)

NUGROHO, HIMAWAN HANANTO (2019) PENGARUH JOB INSECURITY DAN STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA TURNOVER INTENTION (Studi Pada Divisi Produksi CV. Cipta Usaha Mandiri di Temanggung). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PDF COVER.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan-dikonversi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PDF DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Himawan Hananto Nugroho, Nomor Mahasiswa 152150059, Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Job Insecurity dan Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya pada Turnover Intention” (Studi pada karyawan divisi produksi CV. Cipta Usaha Mandiri di Temanggung), 2019. Dosen Pembimbing I Bapak Meilan Sugiarto, dan Dosen Pembimbing II Bapak Hastho Joko Nur Utomo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh job insecurity dan stress kerja terhadap kepuasan kerja serta dampaknya pada turnover intention. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh karyawan divisi produksi CV. Cipta Usaha Mandiri di Temanggung. Ukuran sampel pada penelitian ini 66 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simpel random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang menggunakan metode statistik partial least square (pls-sem). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa job insecurity berpengaruh singnifikan terhadap kepuasan kerja.stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. job insecurity tidak berpengaruh signifikan terhadap turnover intention. Stress kerja berpengaruh signifikan terhadap turnover intention.kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap turnover intention. job insecurity berpengaruh singnifikan terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja. Stress kerja berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan perlu memastikan kembali dan menjamin keberlangsungan para karyawan dari ancaman yang dapat membuat kayawan kehilangan pekerjaan. Perusahaan perlu melakukan evaluasi untuk penyesuaian kembali beban kerja yang karyawan dapatkan dengan kompetensi yang dimiliki karyawan agar tidak stres. Perusahaan perlu meningkatkan lingkungan kerja di kawasan pabrik yang membuat karyawan betah dan nyaman agar merasa puas sehingga tidak berkeinginan untuk meninggalkan pekerjaannya. Perusahaan perlu meningkatkan pelayanan internal terhadap para karyawannya dari balas jasa yang sesuai, fasilitas dan pelatihan sehingga karyawan tidak berkeinginan untuk meninggalkan perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengambangkan model ini dengan menambahkan variabel atau indikator lainnya yang belum digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: job insecurity, stress kerja, kepuasan kerja, turnover intention.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Jun 2019 02:35
Last Modified: 12 Jun 2019 02:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19792

Actions (login required)

View Item View Item