ESTIMASI KEDALAMAN KOMPLEKS MELANGE PEGUNUNGAN MERATUS BERDASAR SEISMIK TOMOGRAFI TRAVEL TIME GELOMBANG P MENGGUNAKAN METODE RAY TRACING SHOOTING

HUTOMO, PRIYO (2019) ESTIMASI KEDALAMAN KOMPLEKS MELANGE PEGUNUNGAN MERATUS BERDASAR SEISMIK TOMOGRAFI TRAVEL TIME GELOMBANG P MENGGUNAKAN METODE RAY TRACING SHOOTING. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Pegunungan Meratus adalah Kompleks Melange kaya dengan sumber daya batuan kerak samudera di Indonesia. Kompleks Melange ini merupakan salah satu dari sejumlah Kompleks Melange tersingkap dekat permukaan di Indonesia. Metode tomografi seismik travel time mampu menggambarkan geometri Kompleks Melange Pegunungan Meratus berdasar sayatan demi sayatan dilewati ray path dari hypocentre sampai ke Seismograf. Pengolahan dilakukan dengan Matlab dan Microsoft Excel untuk menghasilkan ouput sesuai kebutuhan. Model 3D tomografi seismik travel time dibentuk dengan menyusun penampang vertikal tomografi travel time untuk menunjukkan geometri Pegunungan Meratus, dimana tampak pola nilai ΔVp bernilai -6.5 ~ 6 km/s. Nilai ΔVp dipengaruhi intensitas perambatan gelombang P dan selisih waktu ray path dengan waktu observasi pada stasiun pengamatan lebih dominan melalui daerah penelitian. Perambatan dominan melalui daerah penelitian diakibatkan kecenderungan medium lebih padat daripada sekitarnya. Hal ini ditinjau menggunakan metode Derivative Weight Summation, didapati intensitas ray path antara 5~40 ray path. Nilai ΔVp daerah penelitian valid untuk interpretasi dievaluasi menggunakan metode Derivative Weight Summation, diperoleh nilai lebih dari 5 ray path, berdasar pola Kompleks Melange Pegunungan Meratus dekat permukaan bisa diinterpretasikan bentukan dan nilai tersebut merepresentasi geometri tubuh Pegunungan Meratus bawah permukaan hingga block dengan kedalaman 5~6 km dari permukaan. Hal ini diperkuat dengan intensitas ray path semakin berkurang dan pola ΔVp semakin berkurang dari -6.5 km/s. Pola ΔVp dan nilai intensitas ray path hasil interpretasi menunjukkan bentukan tubuh Pegunungan Meratus berarah relatif Barat Daya-Timur Laut dengan panjang 170 km pada posisi kedalaman 0~1 km dari permukaan sampai kedalaman 5~6 km. Kata kunci: ΔVp, Derivative Weight Summation, Melange, Ray Path, Tomografi Seismik Travel Time.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:59
Last Modified: 16 Apr 2019 06:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/19395

Actions (login required)

View Item View Item