PENENTUAN JADWAL PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA NAWAZ, ENSCORE, AND HAM UNTUK MENGURANGI BIAYA SUBKONTRAK (Studi Kasus di Jimisnotdead Clothing Industry, Yogyakarta)

Putra, Dimas Muhammad (2018) PENENTUAN JADWAL PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA NAWAZ, ENSCORE, AND HAM UNTUK MENGURANGI BIAYA SUBKONTRAK (Studi Kasus di Jimisnotdead Clothing Industry, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menentukan jadwal produksi di Jimisnotdead Clothing Industry untuk mengurangi biaya subkontrak. Jimisnotdead Clothing Industry merupakan industry konveksi yang berproduksi berdasarkan pesanan. Dimana kepuasan konsumen dan ketepatan waktu merupakan salah satu pertimbangan konsumen dalam memilikh produsen. Penjadwalan produksi yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Algoritma Nawaz, Enscore and Ham (NEH) dengan pendekatan Earliest Due Date (EDD). Langkah-langkah yang dilakukan: a. mengusun pesanan sesuai tanggal kedatangan pesanan, b. urutkan pesanan berdasarkan aturan Earliest Due Date (EDD) untuk tanggal pesanan yang sama, c. urutkan prioritan pengerjaan job berdasarkan Algoritma Nawaz, Enscore and HAM (NEH), d. lakukan penjadwalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya subkontrak antara penjadwalan aktual perusahaan apabila dibandingkan dengan penjadwalan usulan pada bulan Juli - Agustus 2018 mengalami penurunan. Jumlah unit dan total biaya subkontrak penjadwalan aktual Juli 2018 sebanyak 311 unit dengan total biaya sebesar Rp622.000,00, sedangkan jumlah unit dan total biaya subkontrak menggunakan penjadwalan usulan skenario A sebanyak 0 dengan total biaya subkontrak sebesar Rp0,00 dan skenario B sebanyak 0 dengan total biaya subkontrak sebesar Rp0,00. Kata kunci: Penjadwalan Flow Shop, Make to Order, Minimasi Subkontrak, Algoritma Nawaz, Enscore and HAM (NEH), Earliest Due Date (EDD).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:57
Last Modified: 08 Jan 2019 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item