DETEKSI PENYAKIT GIGI YANG DISEBABKAN KARIES PADA USIA ANAK MENGGUNAKAN CASE BASED REASONING DENGAN METODE SIMPLE MATCHING COEFFICIENT

Auriyanto, Norman Yudho (2018) DETEKSI PENYAKIT GIGI YANG DISEBABKAN KARIES PADA USIA ANAK MENGGUNAKAN CASE BASED REASONING DENGAN METODE SIMPLE MATCHING COEFFICIENT. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1-Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-halaman pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-halaman pengesahan penguji.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7-ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9-DAFTAR-ISI.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Perkembangan gigi khususnya pada usia anak sangat penting secara psikologis, karena fungsi dan keberadaan gigi dapat mempengaruhi emosi, penampilan, dan pengucapan saat perkembangan anak menuju ke tahap dewasa. Salah satu penyakit infeksi merusak struktur gigi yang sering diderita pada anak-anak adalah karies gigi, karies gigi merupakan proses awal terbentuknya gigi berlubang dan dapat menyebabkan penyakit lainnya diantaranya pulpitis reversible, pulpitis irreversible, nekrosis pulpa, gangren pulpa, abses gigi, hyperplasia pulpa (Pulpa Polip). Untuk mengatasi masalah kasus ini dokter gigi menyarankan agar membuat sistem yang berguna menggantikan tugas dokter dan perawat gigi untuk diagnosa awal penyakit yang disebabkan karies pada anak serta menjadi konsultasi secara gratis dan edukasi kepada para orang tua. Selanjutnya, diagnosa awal tersebut nantinya dijadikan referensi diagnosa selanjutnya untuk dokter gigi melakukan tindakan penanganan. Sistem yang akan dikembangkan adalah menggunakan teknik Case-Based Reasoning dengan metode perhitungan persamaan Simple Matching Coefficient. Hasil pengujian beta test menunjukkan untuk penilaian sangat setuju memiliki presentase sebanyak 30 %, penilaian setuju sebanyak 66,66 %, penilaian netral 3,33 % dan penilaian tidak setuju serta tidak setuju memiliki presentase sebanyak 0 %. Maka dapat disimpulkan sistem yang telah dibangun memenuhi kebutuhan dari user. Katakunci : Case-Based Reasoning, Simple Matching Coefficient, pulpitis reversible, pulpitis irreversible, nekrosis pulpa, gangren pulpa, abses gigi, hyperplasia pulpa (Pulpa Polip).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:38
Last Modified: 08 Jan 2019 04:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17674

Actions (login required)

View Item View Item