STRATEGI KOMUNIKASI FORUM GENERASI MUDA PEDULI KEPENDUDUKAN DALAM MEWUJUDKAN REMAJA SADAR KEPENDUDUKAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jiwandhana, Angga Ragil (2018) STRATEGI KOMUNIKASI FORUM GENERASI MUDA PEDULI KEPENDUDUKAN DALAM MEWUJUDKAN REMAJA SADAR KEPENDUDUKAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. FIX COVER.pdf]
Preview
Text
1. FIX COVER.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 2b. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2b. PENGESAHAN.pdf

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ketidakpedulian dan ketidaktahuan remaja akan permasalahan kepedudukan
yang sebenarnya membuat remaja menjadi rawan terkena dampak dari kenakalan
remaja. Pembangunan yang merajalela, tingkat kriminalitas dan ketimpangan social
yang tinggi, serta kurangnya edukasi kepada remaja terkait kependudukan juga akan
memperburuk kondisi kependudukan di Yogyakarta. FORSADA merupakan sebuah
lembaga yang dibentuk BKKBN Provinsi DIY guna mengedukasi masyarakat
khususnya generasi muda dengan tujuan mempengaruhi aksi nyata mereka terhadap
permasalahan kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi komunikasi FORSADA dalam mewujudkan remaja sadar kependudukan di
Yogyakarta. Penelitian ini berisi tentang strategi komunikasi FORSADA beserta
implementasinya yang di analisa menggunakan teori perencanaan oleh Charles
Berger serta model perencanaan komunikasi Philip Leslly. Metode yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, mengumpulkan data lewat
hasil wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti memperoleh hasil
penelitian bahwa strategi komunikasi FORSADA dalam mewujudkan remaja sadar
kependudukan di Yogyakarta adalah strategi pembelajara luar ruang yang
dipadupadankan dengan pendidikan berawasan kependudukan. Strategi komunikasi
FORSADA juga sejalan dengan teori perecanaan milik Berger yang menyebutkan
setiap rencana akan mempunyai berbagai tahapan kompleks. Semakin banyak
motifasi untuk mempengaruhi, maka semakin kompleks juga rencananya. Dari segi
implementasi strateginya, FORSADA hanya menjalankan tiga dari enam model
perencanaan Phillip Lesly yang pada akhirnya menyebabkan kebingungan ataupun
ketidak siapan apabila ada hal-hal diluar perkiraan saat kegiatan berlangsung.
Hambatan strategi komunikasi ini berasal dari dalam dan luar organisas. Hambatan
dari dalam yakni, Dualisme FORSADA, SDM yang kurang, serta pemanfaatan media
promosi yang kurang. Faktor dari luarnya berupa motifasi khalayak yang berbeda dan
rasa bosan dari khalayak akan materi pendidikan kependudukan.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Permasalahan Kependudukan, Pendidikan Luar
Ruang Berbasis Kependudukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Nov 2018 01:37
Last Modified: 19 Nov 2018 01:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item