Chendani, Mutiara Sekarayu Karthika (2018) PERSEPSI PENGGUNA JALAN TERHADAP ESTETIKA PENGGUNAAN IKLAN LUAR RUANG DI BABARSARI YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK indo-eng.pdf Download (85kB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (150kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (808kB) | Preview |
Abstract
Banyaknya iklan luar ruang yang terpasang membuat keadaan di Babarsari
menjadi kurang tertata dan teratur. Hal ini disebabkan karena masih adanya
pemasangan iklan luar ruang yang tidak pada tempatnya. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna jalan terhadap estetika
penggunaan iklan luar ruang yang ada di Babarsari sebagai media periklanan,
dimana penulis ingin mengetahui bagaimana tanggapan mereka terkait dengan
kondisi iklan luar ruang saat ini di Babarsari. Penelitian ini menggunakan konsep
model EPIC, dengan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini
menunjukan bahwa pengguna jalan yang menjadi responden penelitian merasa
setuju dengan adanya pemasangan iklan luar ruang di Babarsari, karena dengan
adanya iklan tersebut memberikan manfaat bagi mereka, yaitu memberikan
informasi. Pengguna jalan tidak menyukai kondisi iklan luar ruang di Babarsari
karena di beberapa titik masih ada yang kurang memperhatikan aspek estetika
lingkungan seperti kerapihan, keindahan, kebersihan dan tatanannya. Jumlah iklan
yang banyak, tumpang tindih antar iklan dan penempatan yang tidak pada
tempatnya menimbulkan kesan semrawut sehingga membuat menurunnya estetika
iklan luar ruang di Babarsari. Mereka menganggap bahwa sudah ada tempatnya
sendiri untuk beriklan tapi mengapa masih ada saja pelanggaran padahal sudah
adanya peraturan yang berlaku. Letaknya yang ada pada titik strategis, sehingga
banyak iklan yang bertempat di atas jalan, membuat pengguna jalan merasa
khawatir. Sehingga mereka berharap dengan adanya peraturan tersebut harus lebih
ditegaskan kembali sehingga tidak adanya pelanggaran-pelanggaran dalam
penyelenggaraan iklan luar ruang.
Kata Kunci: persepsi, estetika, iklan luar ruang, EPIC, Babarsari
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 04:44 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 04:44 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |