ANALISIS TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA

Indraswari, Dian (2018) ANALISIS TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM), DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salah satu sumber pendapatan desa yang ditetapkan Pemerintah adalah dana Alokasi Dana Desa (ADD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, kesiapan sumber daya manusia, serta kebijakan Pemerintah Desa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumenter. Teknik analisis data dimulai dari mengorganisir data, penyederhanaan data, proses analisis data dan hasil interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Caturtunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman telah melaksanakan prinsipprinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan ADD di setiap tahapnya. Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah baik tetapi kebijakan pemerintah belum sepenuhnya dijalankan dengan baik sesuai peraturan yang ada. Dalam pelaksanaannya masih harus di bombing lagi karena masih banyak masyarakat yang belum ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang sudah direncanakan. Kata Kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Kesiapan Sumber Daya Manusia, Kebijakan Pemerintah, Pengelolaan Alokasi Dana Desa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:13
Last Modified: 04 Oct 2018 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16729

Actions (login required)

View Item View Item