KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP TAMBANG BATUBARA DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE ADARO KALIMANTAN SELATAN

ORAHMIN, ANDRA (2018) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP TAMBANG BATUBARA DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA JOBSITE ADARO KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Pamapersada Nusantara Jobsite Adaro adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pertambangan padamana perusahaan ini merupakan kontraktor perusahaan PT. Adaro Indonesia yang terletak di Tutupan, Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. PT. Pamapersada Nusantara mengerjakan salah satu pit PT. Adaro Indonesia yaitu Pit South Tutupan. Dalam kegiatan pengupasan material lapisan tanah penutup pada boundary A1 Pit Tutupan PT. Pamapersada Nusantara Jobsite Adaro menggunakan backhoe Hitachi EX2500-6 sebagai alat muat, dan dump truck Komatsu HD785-7 sebagai alat angkut. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi pengupasan lapisan penutup sebesar 950 bcm/jam. Kemampuan produksi alat sebenarnya yang dapat dihasilkan sebesar 726,783 bcm/jam pada alat muat, dan 703,341 bcm/jam pada alat angkut. Kombinasi 1 alat muat Hitachi EX2500-6 dan 8 alat angkut Komatsu HD785-7 menghasilkan nilai MF sebesar 0,849 dengan efisiensi kerja alat muat sebesar 67,21% dan alat angkut sebesar 65,00%. Faktor – faktor penyebab belum tercapainya target produksi ialah rendahnya efisiensi kerja alat muat dan alat angkut dan belum optimalnya waktu edar alat muat dan alat angkut. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai target produksi yaitu dengan meningkatkan waktu kerja efektif dengan menekan hambatan yang dapat dihindari dan mengoptimalkan waktu edar alat muat dan alat angkut, menggunakan modus yang berada di bawah waktu rata-rata. Perbaikan dilakukan dengan meningkatkan waktu kerja efektif dan mengoptimalkan waktu edar menghasilkan nilai MF 0,864 dengan effisiensi alat muat sebesar 73,40%, dan efisiensi alat angkut sebesar 71,92%. Upaya yang dilakukan yaitu dengan peningkatan efisiensi kerja dan pengoptimalan waktu edar kemampuan produksi alat muat meningkat dari 726,783 bcm/jam menjadi 971,693 bcm/jam dan kemampuan produksi alat angkut meningkat dari 703,351 bcm/jam menjadi 952,157 bcm/jam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:53
Last Modified: 21 Sep 2018 03:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16551

Actions (login required)

View Item View Item