STRATEGI SOSIALISASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DALAM MENGURANGI PERNIKAHAN DINI DI PUSAT INFORMASI KONSELING-REMAJA (PIK-R) SEMARAK KECAMATAN NGEMPLAK, SLEMAN

Afriyanti, Ria Yuni (2018) STRATEGI SOSIALISASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DALAM MENGURANGI PERNIKAHAN DINI DI PUSAT INFORMASI KONSELING-REMAJA (PIK-R) SEMARAK KECAMATAN NGEMPLAK, SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan sebelum mempelai berusia 18 tahun. Selain memiliki risiko dalam kesehatan perempuan, pernikahan dini juga memicu munculnya kekerasan seksual dan pelanggaran hak asasi manusia. Kebanyakan para pelaku pernikahan dini tersebut adalah remaja desa yang memiliki tingkat pendidikan kurang. Adanya program PUP dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional bisa membantu remaja yang masih sempit akan anggapan atau mitos bahwa perempuan yang berumur 20 tahun keatas belum menikah berarti perawan tua. Usia perkawinan diharapkan mencapai usia minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki, agar remaja matang dan siap secara kesehatan, psikologis dan ekonomi serta kependudukan, sehingga remaja menjadi pribadi yang matang dan memiliki perencanaan yang mantap untuk membangun rumah tangga yang lebih baik dan harmonis. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana strategi sosialisasi program pendewasaan usia perkawinan dalam mengurangi pernikahan dini di pusat informasi konseling remaja kecamatan Ngemplak, Sleman. Teori yang digunakan adalah difusi inovasi dan komunikasi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian strategi sosialisasi program pendewasaan usia perkawinan dalam mengurangi pernikahan dini di PIK-R Semarak kecamatan Ngemplak, Sleman adalah dengan menggunakan Genre Goes to School. Hal ini karena dianggap bisa memberikan pencerahan dan mudah dipahami oleh remaja, bisa berdampak positif dalam membuka wawasan remaja akan risiko menikah muda, hal ini juga membuat remaja mencari informasi PUP secara mandiri hingga membuat rencana selain menikah setelah mereka menyelesaikan pendidikan 12 tahun. Penyuluhan yang PIK-R Semarak gunakan juga mempunyai permainan inovasi baru yaitu Sundamanda. Inovasi ini cukup membantu para remaja yang belum sama sekali mengenal tentang program PUP, permainan ini ringan akan tetapi bermuatan.
Kata Kunci : Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R), Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), Pernikahan Dini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:30
Last Modified: 22 Aug 2023 07:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16533

Actions (login required)

View Item View Item