Subadriyah, Irawati (2018) ANALISIS POLA KOMUNIKASI ORGANISASI PADA TRIANGLE EVENT ORGANIZER (Studi Kasus Pada Pelaksanaan Event Corporate Gathering PT. Medco E&P Natuna Di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (262kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (670kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Abstrak
Triangle Event Organizer adalah sebuah bidang usaha yang fokus pada jasa pelayanan
penyelenggaraan acara, pada awalnya mereka hanya fokus pada penyelenggaraan acara ulang
tahun dengan klasifikasi segmentasi pasarnya adalah remaja, kemudian berkembang pada
penyelenggaraan acara pertemuan perusahaan, dan PT. Medco E&P Natuna menjadi klien
pertama mereka. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi
yang Triangle EO lakukan di dalam pelaksanaan acara Corporate Gathering untuk PT. Medco
E&P Natuna di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode kualitatif
deskriptif yang mencoba mengungkap pola komunikasi organisasi yang dilakukan oleh
Triangle EO di dalam kegiatan mereka. Penelitian dengan metode ini menghasilkan data
deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku objek penelitian
yang dapat dianalisis. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data Primer dan
Sekunder. Penelitian dilakukan melalui obsevasi dan wawancara langsung. Dari hasil analisa,
ditemukan bahwa pola komunikasi organisasi Triangle EO dapat dilihat dari sudut pandang
komunikasi organisasi secara formal dan Informal yang mereka lakukan. Pada
pelaksanaannya, pola komunkasi organisasi Triangle EO mengedepankan sistem aliran
komunikasi dua arah yang memungkinkan semua anggota organisasi dapat saling bertukar
informasi secara langsung dan pola yang dilakukan menyerupai pola komunikasi roda dan Y,
selain memiliki titik sentral sebagai fokus aliran komunikasi, pola komunikasi yang mereka
lakukan juga terbentuk dari komunikasi formal yang memiliki ciri khas yang membedakan
dengan pola komunikasi roda dan Y secara prinsis teoritisnya dan komunikasi informal yang
mereka lakukan yang memiliki tiga fungsi utama yaitu Conforming, Expanding, dan
Suplementing.
Kata Kunci : Pola Komunikasi Organisasi, Komunikasi Dua Arah, Pola Komunikasi
Roda
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 03:02 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 03:02 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/16179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |