Pratama, Muhamad Yoga (2018) MODEL PENENTUAN HARGA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN DISKON DALAM DUAL CHANNEL SUPPLY CHAIN (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
3.Cover.pdf Download (281kB) | Preview |
Preview |
Text
4.Lembar Pengesahan.pdf Download (228kB) | Preview |
Preview |
Text
2.Abstrak.pdf Download (182kB) | Preview |
Preview |
Text
5.Daftar Isi.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kontribusi bisnis industri digital di Indonesia mengalami pertumbuhan dan
masih menjanjikan untuk terus meningkat setiap tahunnya. PT Mandiri Jogja
Internasional merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang pembuatan
kerajinan tangan berbahan dasar kulit sapi yang salah satu produknya berupa
sepatu. Dalam penjualan produknya perusahaan memasarkan produknya melalui
fasilitas online channel dan konvensional (offline channel), sistem penjualan
seperti ini disebut dengan sistem Dual Channel Supply Chain (DCSC).
Penambahan fasilitas online channel dalam memasarkan produknya memberikan
kemudahan dalam memenuhi permintaan. Dalam penerapan sistem DCSC hal
yang sering menjadi kendala yaitu strategi penetapan harga jual antar channel
penjualan. Hal tersebut membuat salah satu channel mengalami kesulitan dalam
memasarkan produknya dan terjadi perbedaan permintaan. Oleh karna itu,
diperlukan strategi pada penentuan harga jual antar channel agar dapat
meningkatkan penjualan, salah satunya dengan mempertimbangkan diskon.
Penelitian ini membahas tentang strategi penentuan harga jual antar
channel dengan mempertimbangkan diskon. Tidak adanya kegiatan inspeksi
dalam membeli produk melalui online channel menimbulkan niali penerimaan
konsumen terhadap online channel. Permasalahan tersebut menyebabkan
permintaan pada dua fasilitas penjualan belum dapat memaksimalkan profit.
Maka dari itu, perlu dilakukan penentuan harga dengan memperhatikan faktor
rasio penerimaan pelanggan terhadap online channel.
Penyelesaian masalah dengan melakukan dua kali proses optimasi model
matematis yang telah dikembangkan mengenai model permintaan pada kedua
channel penjualan, dan model penentuan nilai diskon optimal online channel.
Dalam proses optimasi diaplikasikan metode quadratic programming dan skema
Bertrand dalam penetapan harganya. Dari hasil optimasi pertama diperoleh
harga Ps dan Po yang optimal sebesar Rp 514.120 dan Rp 510.520. Dari
penelitian didapat hasil bahwa proses optimasi mampu memberikan performansi
profit serta jumlah permintaan yang optimal. Selain itu juga, diperoleh nilai
diskon optimal harga Ps dan Po sebesar Rp 488.415 dan Rp 484.994. Nilai
diskon optimal dapat memberikan profit maksimal pada online channel dan
offline channel. Kemudian dilakukan percobaan numerik untuk memperoleh nilai
diskon optimal pada kedua channel. Nilai diskon optimal sebesar 5% yang
diperoleh dapat menjadi implikasi bagi perusahaan terkait orientasi yang ingin
dicapai oleh perusahaan dan sudut pandang perusahaan tentang besaran profit
yang akan dicapai.
Kata Kunci: Dual Channel Supply Chain, Quadratic Programming, Bertrand,
Diskon, Optimasi, Pricing, Inspeksi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 06:20 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 06:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |