PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 -2017)

WAHYUNINGSIH, TRI (2018) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014 -2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dari 470 perusahaan non keuanganyang terdaftar di BEI 2014-2017 hanya 36 perusahaan yang melakukan pengungkapan CSR melalui laporan keberlanjutan sesuai GRI. Hal tersebut dapat mempengaruhi nilai perusahaan melalui respon atau kepercayaan investor dan pihak lain terhadap suatu peusahaan. Penelitian terdahulu Ira Agustine (2014) dan Ayu (2016) mendapatkan hasil pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan Siti (2015) dan Angga (2017) pada penelitiannya mendapatkan hasil pengungkapan CSR berpengaruh signifikan positif tehadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan pofitabilitas sebagai variabel moderating. Penelitian ini memakai metode Purposive Sampling dengan 36 perusahaan yang tercatat di BEI tahun 2014-2017 yang menerbitkan laporan keberlanjutan sesuai GRI. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis regresi linier berganda dan MRA (Moderated Regression Analysis) dengan menggunakan alat analisis Statistic product and Service Solution (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan dan (3) Profitabilitas terbukti menjadi variabel moderating dan memperkuat dalam hubungan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan hal ini menunjukan profitabilitas yang diukur menggunakan ROA meningkatkan nilai perusahaan yang diukur menggunakan Tobins’Q, sedangkan nilai perusahaan akan dipengaruhi oleh pengungkapan CSR apabila diperkuat oleh profitabilitas. Kata Kunci: Laporan Berkelanjutan; Pengungkapan CSR, GRI, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:42
Last Modified: 20 Jul 2018 02:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15762

Actions (login required)

View Item View Item