POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU PENDAMPING DENGAN MURID DALAM LINGKUNGAN INKLUSIF DI TUMBUH HIGH SCHOOL

Pramudita, Maya Arina (2018) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU PENDAMPING DENGAN MURID DALAM LINGKUNGAN INKLUSIF DI TUMBUH HIGH SCHOOL. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 3 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3 Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4 ABSTRAK-ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4 ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal terjadi antara guru pendamping dengan murid saat
kegiatan belajar mengajar secara formal maupun non formal. Penelitian ini
dilakukan untuk menjawab rumusan masalah “Bagaimana pola komunikasi
interpersonal antara guru pendamping dan murid-murid di Tumbuh High
School?” dan bertujuan untuk menggambarkan pola komunikasi interpersonal
antara guru pendamping dengan murid dalam lingkungan inklusi di Tumbuh High
School dengan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik. Penelitian ini
menggunakan metode studi deskriptif dengan melakukan observasi dan
wawancara mendalam kepada guru pendamping yang terdiri dari guru Bimbingan
Konseling dan support teacher hingga murid Tumbuh High School. Hasil
penelitian ini menunjukkan pola komunikasi yang terjadi pada guru pendamping
dan murid dalam lingkungan inklusi merupakan komunikasi satu arah dan dua
arah. Komunikasi satu arah terjadi saat guru pendamping memberikan materi dan
nasihat didepan kelas dan komunikasi dua arah melalui percakapan dan
tanggapan. Saat proses komunikasi interpersonal terjadi terdapat simbol verbal
dan non verbal. Simbol komunikasi verbal meliputi Bahasa Indonesia, bahasa
Inggris, bahasa Jawa dan bahasa isyarat (bahasa bibir). Simbol komunikasi non
verbal yang terjadi meliputi sentuhan, tatapan mata, gestur, gerakan tangan dan
ekspresi wajah. Seluruh proses tersebut dipengaruhi kemampuan komunikasi guru
pendamping dan murid yang menjadi faktor pendukung komunikasi terjadi dan
permasalahan konsep diri murid yang belum baik serta penolakan pada
pendampingan guru menjadi penghambat komunikasi interpersonal.
Kata kunci: Komunikasi interpersonal, Pola Komunikasi, Inklusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:48
Last Modified: 17 Jul 2018 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item