KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP BATUBARA DI PIT 8 PT. INJATAMA, KABUPATEN BENGKULU UTARA, PROVINSI BENGKULU

PUTRA, RIO PRATAMA (2018) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP BATUBARA DI PIT 8 PT. INJATAMA, KABUPATEN BENGKULU UTARA, PROVINSI BENGKULU. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Injatama adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan Batubara, dimana perusahaan ini selaku owner dan menyerahkan kegiatan penambangan kepada kontraktor yaitu PT. Mingan Mining Techlologi. Dalam kegiatan penambangan, PT. Injatama mengelola tambang Batubara. Lokasi penelitian berada di pit 8 yang terletak di Desa Gunung payung Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Penambangan batubara saat ini dilakukan menggunakan alat muat Excavator Kobelco SK 330 dan Excavator Kobelco SK 480LC dengan alat angkut menggunakan Articulated Dump Truck Volvo A35F. Jarak angkut dari front penambangan menuju disposal adalah 900-1000 meter. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum tercapainya target produksi pengupasan lapisan tanah penutup batubara sebesar 3.000 ton/hari. Produksi aktual fleet A sebesar 1.009 ton/hari, fleet B sebesar 927 ton/hari dan fleet C sebesar 703 ton/hari, sehingga produksi di pit 8 dengan kombinasi 3 unit alat muat dan 9 unit alat angkut sebesar 2.640 ton/hari. Hal ini disebabkan kurang effektifnya waktu kerja akibat dari hambatan-hambatan yang ada sehingga efisiensi aktual kerja alat dilapangan menjadi rendah. Efisiensi kerja aktual di fleet A yaitu alat muat sebesar 66,49 % dan alat angkut sebesar 47,91%, fleet B alat muat sebesar 64,91% dan alat angkut sebesar 49,34% dan fleet C alat muat sebesar 66,19% dan alat angkut sebsar 52,69%. Upaya yang dapat dilakukan agar target produksi dapat tercapai yaitu dengan meningkatan waktu kerja sehingga efisiensi kerja alat setelah dilakukan perbaikan menjadi meningkat. Setelah dilakukan perbaikan pada waktu kerja efektif didapatkan kemampuan produksi sebesar 3.204 ton/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Jul 2018 04:26
Last Modified: 16 Jul 2018 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item