Hartadi, Noor Akhila Luckyta (2018) PITPAGANDA SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF IKLAN LUAR RUANG DI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas Pitpaganda dalam Mengembangkan Media Alternatif Iklan Luar Ruang di Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
1. Cover.pdf Download (104kB) | Preview |
Preview |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (261kB) | Preview |
Preview |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (15kB) | Preview |
Preview |
Text
4. Abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Media yang digunakan untuk beriklan dalam kategori luar ruang saat ini semakin
bertambah jenisnya. Untuk Yogyakarta saat ini tidak hanya baliho, stiker atau poster,
kini videotron mulai ada pada beberapa titik lokasi tertentu. Stiker pada angkutan
umum dan baliho kecil yang ada pada bagian belakang motor juga menjadi
perkembangan bentuk media iklan luar ruang di Yogyakarta. Pitpaganda merupakan
sebuah komunitas yang menjadi biro iklan dimana media yang digunakan adalah
sepeda. Keberadaan Pitpaganda saat ini masih merupakan hal baru dan termasuk
kreatif untuk sebuah media periklanan, dengan latar belakang tersebut penulis
meneliti tentang Pitpaganda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi
kreatif komunitas Pitpaganda dalam mengembangkan media alternatif iklan luar
ruang di Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
kumpulan tindakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif dan untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara,
observasi dan juga dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah Pitpaganda
merupakan komunitas yang termasuk pemerhati kondisi lingkungan sehingga
membuat biro iklan dengan berdasarkan alasan tersebut. Pitpaganda berbeda dengan
biro iklan lain karena hanya menyediakan medianya saja tidak dengan pembuatan
klien yang menggunakan jasa dari Pitpaganda lebih banyak untuk mengiklankan
sebuah event. Ada tiga perkecualian untuk klien yakni klien yang mengiklankan
hotel, partai politik dan rokok. Pitpaganda beriklan dengan bersepeda melalui rute
yang telah disetujui dan berhenti pada titik tertentu untuk berinteraksi dengan
masyarakat sesuai dengan prinsip sejak awal. Pitpaganda merupakan media iklan
pertama yang menggunakan sepeda, akan tetapi beberapa masyarakat menilai
Pitpaganda masih kurang efektif dari segi keamanan ketika penayangan iklan.
Kata kunci: Media iklan luar ruang, media iklan alternatif, Pitpaganda
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 02:09 |
Last Modified: | 12 Jul 2018 06:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |