PENGUKURAN BEBAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DENGAN METODE NASA-TLX PADA OPERATOR PUNCHING MACHINE (Studi kasus di PT MBG Putra Mandiri, Yogyakarta)

Hariyasa, Made Piyan (2018) PENGUKURAN BEBAN KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI DENGAN METODE NASA-TLX PADA OPERATOR PUNCHING MACHINE (Studi kasus di PT MBG Putra Mandiri, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Lembar pengesahan.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstrack.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT MBG Putra Mandiri mrupakan produsen suku cadang standar kompetisi dari berbagai merk kenamaan., dengan pengalaman bertahun tahun di bidang industri manufaktur. Berdasarkan data permintaan produk diketahui setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah permintaan dari konsumen, sehingga PT MBG Putra Mandiri harus bekerja keras untuk memenuhi permintaan konsumen, sehingga menyebabkan timbulnya beban kerja berlebih yang dirasakan. Maka dari itu dilakukan penelitian dengan menganalisa beban kerja. Pada penelitian ini menggunakan pengukuran beban kerja secara subyektif dengan metode National Aeronautics and Space Administration Task Load Indix ( NASA-TLX). Metode ini sangat efektif karna memuat enam indikator yang mampu mengukur tingkat beban kerja yang dialami karyawan, antara lain indikator tersebut adalah kebutuhan mental, kebutuhan fisik, kebutuhan waktu, performansi, usaha, dan tingkat frustasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja bagian produksi ring baja khususnya 10 operator punching machine, rata-rata memiliki beban kerja tinggi dengan rating nilai beban kerja 50-79 rata- rata WWL ( weight workload ). Namun ada satu operator punching machine memiliki nilai beban kerja tertinggi dari operator lainnya dengan nilai 69 dari rating kategori nilai beban kerja. Kata kunci : Beban Kerja, National Aeronautics and Space Administration Task Load Indix ( NASA-TLX).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:21
Last Modified: 26 Jun 2018 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item