STRATEGI PT TELKOM WITEL YOGYAKARTA DALAM MENGELOLA OPINI PUBLIK (Studi Deskriptif Strategi PT Telkom Yogyakarta Dalam Mengelola Opini Publik Berkenaan Dengan Kasus Gangguan Koneksi Produk Indihome)

Manjaya, Octarinda (2018) STRATEGI PT TELKOM WITEL YOGYAKARTA DALAM MENGELOLA OPINI PUBLIK (Studi Deskriptif Strategi PT Telkom Yogyakarta Dalam Mengelola Opini Publik Berkenaan Dengan Kasus Gangguan Koneksi Produk Indihome). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran PT Telkom Witel Yogyakarta dalam strateginya mengelola opini publik berkenaan dengan kasus gangguan koneksi produk Indihome. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari dua pegawai perusahaan dan lima pengguna produk Indihome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PT Telkom Witel Yogyakarta dalam mengelola opini publik terdiri atas tiga macam strategi yaitu strategi melalui Plaza Telkom, strategi melalui media social Facebook, dan strategi melalui media social Instagram. Strategi yang dilakukan perusahaan melalui Plaza Telkom ialah dengan menjalankan aktivitas antara pegawai perusahaan dan publik untuk berinteraksi secara langsung, memberikan komunikasi interpersonal baik verbal dan juga non verbal yang telah dipelajari melalui pelatihan setiap bulannya untuk pegawai perusahaan, memberikan informasi atas kebutuhan publik mengenai produk dan ketentuan perusahaan, melakukan observasi lanjutan, serta mengkoordinir opini sesuai dengan kepentingannya. Strategi melalui Plaza ini dijalankan oleh unit Customer Care yang secara umum berupaya dalam menjaga loyalitas pelanggan. Sedangkan strategi yang dilakukan perusahaan melalui media sosial facebook dan juga Instagram ialah dengan melakukan komunikasi interpersonal secara tidak langsung berupa komunikasi verbal tertulis yang berbahasa baik, efektif, dan mudah dipahami melalui pesan pribadi dan kolom komentar di media sosial facebook, Instagram perusahaan, memaparkan promo produk atau aktivitas perusahaan yang positif, dan memberikan informasi juga arahan mengenai produk serta ketentuan perusahaan yang dibutuhkan oleh publik, Strategi melalui kedua media sosial facebook dan Instagram ini dilakukan oleh unit Consumer Service yang secara umum bekerja untuk pemasangan produk Indihome dan wifi id serta menjadi admin media sosial perusahaan. Kata Kunci : Strategi, Opini Publik, Citra

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:30
Last Modified: 26 Jun 2018 04:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item View Item