STRATEGI BISNIS COWMAD RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi pada Cowmad Restoran Yogyakarta)

Marjen, Octafia Rotalia (2018) STRATEGI BISNIS COWMAD RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi pada Cowmad Restoran Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Octafia Rotalia Marjen, Nomor Mahsiswa 152130019, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembagunan Nasional “Veteran “Yogyakarta. Judul Penelitian “Analisis Strategi Bisnis Restoran Cowmad Dengan Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT” (Studi Pada Restoran Cowmad Yogyakarta).2018. Pembimbing Ibu Sauptika Kancana, SS, MSI dan Bapak Suratna, S.SOS, M.AB . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang dapat dikembangkan pada Restoran Cowmad. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Restoran Cowmad. Sumber Data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperolah dari lapangan melalui wawancara dan memberikan daftar pertanyaan atau koisioner simple, peroleh data dalam penelitian ini ditekankan pada penggunaan kuisioner dari informan.. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan yaitu bahwa semua informan memberikan penilaian yang tinggi terhadap kekuatan dari Restoran seperti nama dan citra restoran, kualitas terjamin, harga yang sesuai punya supplier daging tetap, dan memiliki pelanggan tetap. Informan juga memberikan nilai yang tinggi terhadap kelemahan misalnya seperti kurangnya promosi restoran yang baik, membutuhkan modal yang besar untuk pengembangan usaha, pelanggan mengikuti pengunjung mall, harga backup supplier lebih mahal, renspace tidak stabil. Posisi Restoran Cowmad pada Berdasarkan hasil skor (nilai tertimbang) pada evaluasi faktor internal dan faktor eksternal, maka koordinat posisi perusahaan restoran Cowmad adalah terletak pada titik 2,80 (faktor internal) dan pada titik 2,79 (faktor eksternal).Batasan-batasan dalam diagram SWOT sendiri adalah terdiri dari dua sumbu yaitu horizontal (kekuatan-kelemahan) dan vertikal (peluang-ancaman). Sumbu horizontal dari skala 1,0 sampai 2,5 merupakan kelemahan dan 2,5 sampai 4,0 merupakan kekuatan. Begitu juga sumbu vertikal skala 1,0 sampai 2,5 merupakan ancaman dan 2,5 sampai 4,0 merupakan peluang. Dengan kata lain, skor skala ≥ 2,5 sampai 4,0 merupakan kekuatan dan peluang, jika skor < 2,5 maka faktor tersebut merupakan kelemahan dan ancaman. terlihat bahwa perusahaan berada pada sel 1 yang merupakan sel agresif, artinya perusahaan restoran Cowmad memiliki kekuatan dari lingkungan internal dan terdapat peluang dari lingkungan eksternalnya. Dari hasil analisis dapat dirumuskan strategi pemasaran yang dapat dijalankan oleh Resroran Cowmad adalah Formulasi strategi keunggulan bersaing yang tepat diterapkan pada restoran Cowmad adalah kosentrasi melalui integritas vertical, mengingat pesaing-pesaing baru yang masuk merupakan ancaman bagi restoran.Formulasi strategi pertumbuhan yaitu dengan pengembangan pasar (market development) baik diterapkan, formulasi ini menitikberatkan pada memperkenalkan produk yang sudah ada ke daerah pemasaran baru (pangsa pasar tambahan), dan meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan mutu yang sudah ada. Saran yang dapat disampaikan kepada Restoran Cowmad adalah Restoran Cowmad hendaknya menambah modal dengan menjajaki kemungkinan untuk mendapatkan fasilitas kredit dari perbankan untuk mengembangkan usahanya. Restoran Cowmad hendaknya mengganti sumber daya manusia yang lebih menguasai dalam bidang pembukuan guna meningkatkan kualitas karyawan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya dan mengembangkan kemampuan kerja karyawan mealui pendidikan dan latihan sesuai dengan bidangnya. Restoran Cowmad hendaknya memantau cadangan supplier, kualitas produk, selera konsumen dengan restoran-restoran pesaing guna mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi adanya ancaman dari perubahan sejenis. Restoran Cowmad hendaknya melakukan efektifitas promosi baik melalui iklan maupun media sosial. Dengan demikian maka konsumen akan lebih mengenal produk makanan restoran Cowmad Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Jun 2018 07:28
Last Modified: 22 Jun 2018 07:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15406

Actions (login required)

View Item View Item