PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PRAMUGARI/A dan STAFF BANDARA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi pada Global Partner Service / GPS)

PATRADINATA, YOGIE (2018) PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN PRAMUGARI/A dan STAFF BANDARA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi pada Global Partner Service / GPS). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.COVER FIX.pdf]
Preview
Text
1.COVER FIX.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 4.Abstrak.pdf]
Preview
Text
4.Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
9.DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pada lembaga
pendidikan pramugari/a dan staff bandara pada Global Partner Service serta
menentukan prioritas strategi yang dapat digunakan Global Partner Service
di Yogyakarta. Tahap awal yang dilakukan pada penelitian ini yaitu
menganalisis kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal Global
Partner Service. Analisis tersebut dilakukan untuk dapat mengidentifikasi
kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Globval
Partner Service. Perumusan strategi didasari pendekatan ilmu manajemen
strategi. Penelitian ini menggunakan alat bantu analisis matriks IFE, EFE,
CPM, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil Matriks CPM menunjukkan bahwa
Global Partner Service memiliki keunggul dalam kualitas produk dan
layanan konsumen. Alat bantu analisis matriks IE menunjukkan posisi
Globval Partner Service berada pada kuadran V dengan kondisi
pertahankan dan pelihara. Strategi yang umum diterapkan pada kondis ini
adalah strategi yang insentif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan
pengembangan produk). Alternatif strategi yang diperoleh dari hasil matriks
SWOT, terdiri dari empat alternatif strategi padaGlobal Partner Service.
Alternatif strategi tersebut kemudian dianalisis menggunakan matriks
QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengetahui
alternatif strategi yang memiliki skor daya tarik tertinggi. Hasil analisis
menggunakan QSPM menunjukkan bahwa alternatif strategi Meningkatkan
frekuensi iklan dan promosi mendapatkan skor daya tarik tertinggi.
Kata Kunci : Perumusan Strategi, IE, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Apr 2018 08:21
Last Modified: 04 Apr 2018 08:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item View Item