ANTONIO DA LOPEZ, ROYNALD (2017) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
lbr pngshn.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berbasis Balanced Scorecard. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data tahunan 2013-2015 pada Koperasi Mahasiswa UNY untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lainnya dilakukan analisis melalui perhitungan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dan karyawan Koperasi Mahasiswa UNY, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 98 responden untuk pelanggan dan 53 responden untuk karyawan. Kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kinerja Koperasi Mahasiswa UNY secara keseluruhan dinilai sangat baik. Pada perspektif keuangan dengan indikator Current Ratio, Return On investment, Debt Ratio dan TATO sudah menunjukan kinerja yang sangat baik. Untuk perspektif pelanggan menunjukan kinerja yang sangat baik dengan melihat tiap indikator pendukung yang rata-rata dijawab setuju oleh responden. Pada perspektif proses bisnis internal menunjukan kondisi sangat baik, Koperasi Mahasiswa UNY sudah dapat menjalankan proses inovasi, proses operasi dan proses purna jual. Namun Kopma UNY diharapkan untuk lebih memperhatikan tingkat indikator proses inovasi agar lebih maksimal dalam penerapannya. Dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukan kondisi yang sangat baik dengan melihat rata-rata karyawan mampu meningkatkan produktivitas dengan keahlian pekerja, inovasi, proses internal dan usaha peningkatan modal di dalam Kopma UNY Kata Kunci : Balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 08:00 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 08:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14296 |
Actions (login required)
View Item |