ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEMANDIRIAN DALAM IKLAN ROKOK DUNHILL VERSI “MAKE IT YOUR JOURNEY”

Askiandi, Aditya Reza (2016) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEMANDIRIAN DALAM IKLAN ROKOK DUNHILL VERSI “MAKE IT YOUR JOURNEY”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN-PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN-PENGESAHAN.pdf

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of FULL-SKRIPSI.pdf] Text
FULL-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Beberapa iklan produk memerlukan perhatian yang khusus. Bukan hanya sekedar alat
atau media untuk menambah penjualan produk. Namun beberapa produk justru diharuskan untuk
tidak memperlihatkan bentuk fisik sebuah produk tersebut. Hal ini terjadi pada produk rokok.
Salah satu produk rokok Dunhill mencoba memberikan tontonan iklan yang cukup mengundang
perhatian. Meskipun sejauh ini, semua jenis produk rokok selalu menampilkan iklan yang cukup
menarik, namun penulis merasa iklan Dunhill berhasil mencuri perhatian. Dalam skripsi ini,
penulis ingin mengetahui representasi kemandirian yang muncul dalam iklan Dunhill “Make It
Your Journey”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna simbol-simbol dan
representasi kemandirian yang muncul dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini adalah representasi kemandirian digambarkan
dari beberapa simbol yang muncul dalam iklan, antara lain seorang laki-laki yang bekerja
disebuah kantor yang besar, seorang laki-laki yang menolak sebuah kontrak kerja dan seorang
laki-laki yang akhirnya mampu membangun sebuah perusahaannya sendiri. Dunhill mencoba
mempengaruhi konsumen menggunakan pendekatan emosional. Iklan ini mencoba
memperlihatkan sosok laki-laki mandiri yang digunakan sebagai cerminan atas produk rokok
Dunhill.
Kata kunci : Iklan, Representasi, Kemandirian, Semiotika.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Representasi, Kemandirian, Semiotika.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:26
Last Modified: 06 May 2024 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item View Item