Analisis Tingkat Pencemaran AirTanah Dangkal serta Metode Geolistrik untuk Mengevaluasi Keadaan Akuifer Airtanah di Wilayah Perkotaan

Pratiknyo, Puji and Zoenir, Gneis Desika and Sakina, Bella Wijdani (2017) Analisis Tingkat Pencemaran AirTanah Dangkal serta Metode Geolistrik untuk Mengevaluasi Keadaan Akuifer Airtanah di Wilayah Perkotaan. In: Seminar Nasional Kebumian XII Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta, 14 September 2017, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prosiding SEMNAS XII 2017 (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepadatan jumlah penduduk mempengaruhi peningkatan pemukiman di Dusun Rogoyudan, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan pemetaan muka air tanah, kebutuhan air bersih sebagian besar terpenuhi dari akuifer dangkal yang digunakan secara massal baik oleh penduduk sekitar maupun rumah produksi di sekitarnya. Padatnya pemukiman mendorong dilakukannya penelitian guna menganalisis tingkat pencemaran air tanah dangkal dengan menggunakan Metode Geolistrik – Schlumberger yang didukung oleh data pengujian kualitas sampel air tanah. Metode Geolistrik dilakukan pada empat titik yang diolah dalam tampilan grafik IP2WIN dengan output berupa nilai tahanan jenis (resistivitas) batuan bawah permukaan. Hasil analisis keempat titik tersebut menunjukan bahwa akuifer dangkal rata- rata berada pada kedalaman 9 meter sedangkan akuifer dalam berada pada kedalaman 35 meter. Hasil uji kimia berdasarkan kandungan Fe, Mg, dan SO4 menunjukkan air berada pada batas aman dengan pH pada tingkat asam lemah – netral. Hasil uji sifat fisik berdasarkan nilai TDS dan DHL menunjukkan air tanah layak di konsumsi. Sedangkan keadaan biologi air tanah menunjukkan bahwa kandungan bakteri e-coli cukup tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kualitas air tanah tergolong baik dan layak untuk dikonsumsi tetapi harus dimasak terlebih dahulu. Berdasarkan kondisi tata guna lahan, untuk mengurangi pencemaran maka jarak antar sumur dan septic tank minimal 10 m. Kata Kunci: Air tanah, Geolistrik, Schlumberger, Pencemaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Oktavia Dewi Alfiani
Date Deposited: 19 Jan 2018 02:35
Last Modified: 22 Apr 2019 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14257

Actions (login required)

View Item View Item