PENJADWALAN FLOW SHOP UNTUK MENGURANGI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PRODUK (JOB TARDINESS) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN ORDER (Studi Kasus di PT JKJ Indonesia)

Fitriana, Nur Endah (2017) PENJADWALAN FLOW SHOP UNTUK MENGURANGI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN PRODUK (JOB TARDINESS) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN ORDER (Studi Kasus di PT JKJ Indonesia). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Kegiatan produksi harus direncanakan dan disusun secara baik agar dapat memenuhi permintaan konsumen. PT JKJ Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sarung tangan pekerja. Perusahaan menerapkan pola aliran flow shop dalam melaksanakan produksi. Pengerjaan produk dilakukan sesuai penjadwalan yang diterapkan oleh perusahaan, yaitu pembagian mesin menjadi beberapa kelompok dalam stasiun kerja apabila dalam satu hari terdapat lebih dari satu pesanan produk yang datang. Dampak dari membagi mesin kedalam beberapa kelompok untuk menyelesaikan produk yaitu adanya penambahan jam kerja dan keterlambatan dalam menyelesaikan produk. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan masalah penjadwalan dalam penelitian ini adalah Metode Penjadwalan Maju dan Sub Algoritma Pengurutan Order dengan aturan prioritas Earliest Due Date (EDD) dan Short Processing Time (SPT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penjadwalan usulan dapat mengurangi penambahan jam kerja serta total tardiness dari 81 hari atau sebesar 63% menjadi 0 hari atau 0%. Dengan berkurangnya jumlah keterlambatan, maka dapat menguntungkan perusahaan karena mengurangi biaya produksi terutama biaya penambahan jam kerja bagi para pekerja. Penelitian dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mempertimbangkan kekurangan material bahan baku, kerusakan mesin, serta kecacatan produk. Kata kunci: Penjadwalan Flow Shop, Mengurangi Total Tardiness, Earliest Due Date (EDD), Short Processing Time (SPT), Waktu Kedatangan Order

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:43
Last Modified: 16 Jan 2018 03:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item