STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN KULON PROGO DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN EKOWISATA

Putra, I Made Adi Permana (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN KULON PROGO DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN EKOWISATA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of full-skripsi.pdf] Text
full-skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ekowisata adalah perjalanan wisata ke wilayah-wilayah alami dalam rangka
mengkonservasi atau menyelamatkan lingkungan dan memberi penghidupan pada
penduduk lokal. Potensi ekowisata Kabupaten Kulon Progo dikomunikasikan melalui
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo.
Pada kenyataannya jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten
Kulon Progo masih sangat tertinggal dibanding 4 kabupaten dan kota di Provinsi
Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini lah yang menjadi penting bagi Dinas Pariwisata
Kabupaten Kulon Progo dalam mempromosikan potensi ekowisatanya agar dapat
bersaing dengan kabupaten lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
komunikasi pemasaran yang di lakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo
dalam meningkatkan kunjungan ekowisata. Konsep yang dilakukan adalah dengan
menggunakan bauran promosi dan model AIDDA. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif, teknik
pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara
sebagai data primer serta studi pustaka berupa data dari buku dan literatur terkait
sebagai data sekunder. Objek dalam penelitian ini yaitu komunikasi pemasaran yang
di lakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Uji Keabsahan Data yang
dilakukan menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu membandingkan dan
mengecek ulang data yang di dapat dari sumber. Hasil penelitian yang diperoleh
menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten
Kulon Progo sudah melakukan bauran promosi yang ada namun belum maksimal
penggunaanya dikarenakan terbatasnya dana dan kurangnya kesadaran akan trend
pariwisata saat ini.
Kata kunci : Ekowisata, Komunikasi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ekowisata, Komunikasi Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:37
Last Modified: 14 May 2024 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14195

Actions (login required)

View Item View Item