ANALISIS MANFAAT CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA JOB PT. PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR TAMBANG KABUPATEN TUBAN PROVINSI JAWA TIMUR

UTAMAKNO, LAKON (2018) ANALISIS MANFAAT CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA JOB PT. PERTAMINA-PETROCHINA EAST JAVA TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR TAMBANG KABUPATEN TUBAN PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Industri pertambangan hulu Minyak dan Gas Bumi berpotensi meningkatkan penerimaan negara dan meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal disekitar tambang. Namun demikian masyarakat dan pemerintah sering tidak dilibatkan dalam penyusunan program Corporte Social Responsibility (CSR), sehingga pembangunan berkelanjutan tidak terwujud, dan masyarakat tidak memiliki keberdayaan untuk menyelenggarakan kegiatan perekonomian produktif di wilayah pertambangan tersebut. Penelitian tesis ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keberhasilan dan pengaruh sosial ekonomi masyarakat sekitar tambang pada kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) JOB PT. Pertamina-Petrochina East Java Blok Tuban. Metode penelitian dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Data sekunder dilakukan dengan menganalisis ketercapaian realisasi anggaran, sedangkan data primer dilakukan dengan melakukan survei dan kuesioner pada masyarakat sekitar tambang dan aparat pemerintah di wilayah tersebut. Data diolah menggunakan SPSS melalui uji validitas, reliabilitas, uji beda T-Test dan analisis deskriptif. Program-program kegiatan CSR JOB PT.PPEJ tahun 2015 terdiri dari beberapa bidang yakni bidang pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Pada bidang ekonomi Program Tali Asih memberikan dampak peningkatan pendapatan jangka pendek tapi tidak bisa berkelanjutan setelah perusahaan PPEJ menghapus program tersebut, karena dalam bentuk tunai sebesar Rp. 300.000 - 500.000 per bulan per KK. Bidang ekonomi pendirian Bank sampah, juga memberikan peningkatan pendapatan per nasabah rata-rata memperoleh Rp. 79.089 per bulannya. Sedangkan untuk bidang lingkungan penanaman Mangrove dan pendidikan belum bisa diukur secara nyata tentang ekonominya karena investasi jangka panjang. Melalui program CSR, masyarakat sekitar tambang merasakan manfaatnya berupa pendapatan tambahan bagi keluarga sebesar Rp. 381.000 per bulan atau mengalami peningkatan sebesar 27,7%. Kegiatan CSR JOB PT.PPEJ hendaknya dapat diselaraskan dengan pemerintah kabupaten Tuban dalam penyusunan musrenbangdes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Jan 2018 02:36
Last Modified: 09 Jan 2018 02:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14056

Actions (login required)

View Item View Item