PENENTUAN STRATEGI BERSAING BERDASARKAN PENDEKATAN SIMULASI SISTEM DINAMIS (Studi Kasus di Industri Kecil Intan Rahmadhani Yogyakarta)

Rahayu, Susi Dwi (2017) PENENTUAN STRATEGI BERSAING BERDASARKAN PENDEKATAN SIMULASI SISTEM DINAMIS (Studi Kasus di Industri Kecil Intan Rahmadhani Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Industri kecil Intan Rahmadhnai merupakan salah satu industri makanan yang menjual produk berupa kripik tempe dan beberapa produk kripik lainnya yang berbahan baku dari sayuran dan biji-bijian. Permasalahan yang dihadapi industri Intan Rahmadhani saat ini adalah persaingan industri yang tinggi dan penjualan produk yang terus menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bersaing yang dapat digunakan dalam menghadapi persaingan maupun memperbaiki kondisi yang sedang dialami industri Intan Rahmadhani. Penelitian ini diawali dengan menganalisis strategi yang sesuai dengan kondisi internal maupun eksternal industri Intan Rahmadani. Hasil dari analisis diperoleh tiga strategi yaitu inovasi produk, promosi dengan diskon, dan penjualan online. Strategi yang diperoleh dimodelkan berdasarkan simulasi sistem dinamis dengan software powersim. Pada pemodelan strategi dilakukan penyusunan causal loop diagram dan stock flow diagram untuk melihat hubungan timbal balik antar valiabel. Hasil dari simulasi dilakukan uji validasi menggunakan uji rata-rata (mean comparison). Pada penelitian ini pembangkitan skenario didasarkan pada hasil dari analsis strategi. Berdasarkan pengujian tingkat error, rekomendasi strategi yang tepat untuk industri Intan Rahmadhani adalah strategi pertama yaitu inovasi produk. Inovasi produk yang dilakukan adalah menambah varian rasa produk coklat dan BBQ dengan harga jual yang sama yaitu sebesar Rp 7.500,- Kata kunci : Strategi Bersing, SWOT, Simulasi, Sistem Dinamis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:21
Last Modified: 05 Dec 2017 02:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item