ANALISIS PENJADWALAN PROYEK DENGAN PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO MENGGUNAKAN METODE PROGRAM EVALUATION REVIEW AND TECHNIQUE (PERT) (Studi Kasus pada Pembangunan Perumahan Griya Amanah Asri II Kendal, Jawa Tengah)

Shofa, Widya Nurul (2017) ANALISIS PENJADWALAN PROYEK DENGAN PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO MENGGUNAKAN METODE PROGRAM EVALUATION REVIEW AND TECHNIQUE (PERT) (Studi Kasus pada Pembangunan Perumahan Griya Amanah Asri II Kendal, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT At Taqwa Sejahtera melaksanakan pengerjaan pembangunan perumahan yang berdurasi selama 152 hari. Akibat terjadinya keterlambatan pasokan bahan baku utama maka waktu penyelesaian proyek mundur atau tidak sesuai dengan jadwal perencanaan yang awalnya selesai pada 27 Oktober 2017. Keterlambatan proyek akan berdampak kepada perusahaan yang dapat dikenakan sangsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jadwal pelaksanaan proyek saat ini dan menjadwalkan waktu pelaksaan proyek yang lebih optimal, dengan probabilitas yang paling baik, serta meminimasi pengaruh penyebab keterlambatan proyek terhadap waktu penyelesaian proyek. Pengolahan data dan penjadwalan proyek dilakukan dengan menggunakan Program Evaluation Review and Technique (PERT) dan penerapan simulasi Monte Carlo menggunakan bantuan software Ms Excel. Berdasarkan pengolahan data, hasil perhitungan titik proyek dipercepat menjadi 147 hari dengan biaya Rp 417.315.909,25 dan probabilitas sebesar 63%, sedangkan dengan penerapan simulai Monte Carlo tingkat keyakinan penyelesaian rata-rata berada pada 156 hari dengan biaya Rp 402.310.654,25 dan probabilitas sebesar 94%. Kata Kunci: Proyek Perumahan, Penjadwalan Proyek, Program Evaluation Review and Technique (PERT), Simulasi Monte Carlo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:54
Last Modified: 15 Nov 2017 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item