KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ( STUDI PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA - B YAAT KLATEN)

ARTHA, ADITYA (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ( STUDI PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA - B YAAT KLATEN). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan
manusia. Melalui komunikasi manusia merasakan kebersamaan sebagai anggota
masyarakat dan mampu menciptakan interaksi dua arah dengan sesama.
Keterbatasan pendengaran yang di alami anak tunarungu, mengakibatkan
perannya dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial seringkali
mengalami hambatan dalam komunikasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yangterjadi
antara guru dan siswa SLB-B YAAT Klaten dalamkegiatan belajar
mengajar.Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat kualitatif
dengan pemaparan data dimana peneliti berusaha menggali lebih dalam
menggambarkan pengamatan secara langsung dan melukiskan berdasarkan faktafakta
yang ada. Penelitian deskriptif menggunakan teknik wawancara, dan
pengumpulan data siswa dan guru di SLB-B YAAT Klaten. Berdasarkan teori
interaksi simbolik, dengan menekankan pada hubungan antara simbol dan
interaksi, serta inti dari pendekatan ini adalah individu (anak tunarungu). Hasil
penelitian menunjukan bahwa hubungan interpersonal antara guru dengan siswa
SLB-B YAAT Klaten apabila dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik,
maka guru menggunakan simbol, yakni bahasa isyarat baik dalam komunikasi
formal (bisindo dan sibi) maupun informal (gerak bibir, mimik muka, dan bahasa
ibu) yang dirasa sangat efektif penyampaian pesan dalam kegiatan belajarmengajar.
Selain itu,terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi keberhasilan
komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa SLB-B yakni adanya
keterbukaan, empati, sikap mendukung, kepercayaan diri, dan kebersamaan.
Kata Kunci :Komunikasi Interpersonal, Metode Belajar, SLB-B.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:58
Last Modified: 20 Oct 2017 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item