PENENTUAN LUAS LAHAN PARKIR ON STREET DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS (Studi kasus di lahan parkir on street Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

FEBRIANI S, EKA (2017) PENENTUAN LUAS LAHAN PARKIR ON STREET DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIS (Studi kasus di lahan parkir on street Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 1.-TUGAS-AKHIR--COVER--DAFTAR-ISI--ABSTRAK--ISI-.pdf] Text
1.-TUGAS-AKHIR--COVER--DAFTAR-ISI--ABSTRAK--ISI-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lahan parkir merupakan salah satu jenis fasilitas umum yang sangat
penting dengan fungsinya untuk menampung kendaraan. Namun, dikarenakan
minimnya penyediaan lahan tersebut maka banyak pengguna kendaraan yang
memarkirkan kendaraannya di tepi jalan yang dikenal dengan parkir on street.
Padahal, jalan tidak boleh digunakan untuk dijadikan lahan parkir. Tak hanya itu,
parkir on street dapat memicu beberapa permasalahan salah satunya adalah
kemacetan.

Penelitian ini akan menentukan kebutuhan luas lahan yang dapat
direkomendasikan untuk menampung parkir on street dengan pendekatan simulasi
sistem dinamis. Simulasi sistem dinamis dipilih karena jumlah kendaraan yang
datang dan luas lahan yang digunakan dapat berubah sepanjang waktu. Penelitian
diawali dengan pemahaman sistem nyata dalam penyusunan causal loop diagram
dan stock and flow diagram untuk mengetahui hubungan timbal balik antar
variabel. Hasil dari simulasi selanjutnya divalidasi menggunakan uji rata-rata
(mean comparison). Lalu pembuatan dua skenario dilakukan untuk mendapatkan
luas lahan yang dapat direkomendasi dalam menampung parkir on street.
Dari dua skenario yang diusulkan, didapatkan skenario pertama alternatif
keempat menjadi rekomendasi terbaik dengan nilai tingkat error yang paling
sedikit. Skenario tersebut ialah dengan menambah luas lahan 5% untuk
menampung kendaraan dengan luas lahan yang dibutuhkan sebesar 4065.95 m dengan rincian 2800.26 m2
untuk area Babarsari, 903.68 m2 untuk area Gejayan,
dan 362.01 m2 untuk area selatan dan barat serta selatan Plaza Ambarrukmo.

Kata kunci: simulasi, parkir on street, sistem dinamis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: simulasi, parkir on street, sistem dinamis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Oct 2017 03:34
Last Modified: 03 Nov 2023 01:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item