NILAI PERJUANGAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Pada Iklan Telkomsel 4G LTE versi “Dokter di Pedalaman”)

Indarto, Agung Pulung (2017) NILAI PERJUANGAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Pada Iklan Telkomsel 4G LTE versi “Dokter di Pedalaman”). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Di tengah persaingan iklan yang semakin pesat, muncul konsep baru iklan yaitu terdapatnya sebuah alur cerita untuk pembentukan cerita yang dikonstruksikan sehingga memunculkan tanda dan makna. Iklan Telkomsel 4G LTE dikemas dengan menyisipkan nilai sosial yaitu perjuangan seorang dokter yang mengabdikan diri hingga ke pedalaman, mencurahkan semua pengetahuan dan perhatian untuk selalu siap menolong, sigap dalam bertindak kapanpun dan apapun situasinya karena menolong bukanlah suatu kesuksesan tapi merupakan suatu keikhlasan untuk memberikan semangat hidup kepada sesama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai perjuangan pengabdian seorang dokter di pedalaman dalam iklan Telkomsel 4G LTE versi “Dokter Di Pedalaman” melalui makna yang dihasilkan dari tanda dan simbol. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, peneliti memberikan deskripsi iklan Telkomsel LTE, temuan diperoleh tidak menggunakan ukuran melainkan berupa makna denotasi dan konotasi. Teori yang digunakan adalah teori Roland Barthes yang menggambarkan kekuatan penggunaan semiotika untuk membongkar struktur makna yang tersembunyi dalam gambar iklan. Pesan merupakan serangkaian proses yang terlihat dalam iklan mulai dari awal sampai akhir. Dalam iklan Telkomsel 4G mengandung makna denotasi perjuangan seorang dokter di pedalaman harus mengesampingkan kebutuhan pribadi untuk pengabdian di dunia medis untuk menolong. Di dalam adegan iklan ini juga menyelipkan promosi Telkomsel 4G LTE dengan memasukkan adegan video call baik dengan keluarga maupun dengan dokter senior untuk mendapat rujukan tindakan yang harus diambil dr Anggrawati, yang menggambarkan kekuatan sinyal dari Telkomsel 4G LTE yang tetap lancar walaupun digunakan di daerah pedalaman sekalipun. Makna konotasi dalam Iklan Telkomsel 4G LTE versi “dokter di pedalaman” yaitu menggambarkan seorang dokter yang harus berjuang untuk menolong masyarakat di pedalaman dengan berbagai persoalan dan tantangan serta dengan keterbatasan tenaga medis. Kata kunci : Iklan, Perjuangan Dokter di Pedalaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:13
Last Modified: 29 Sep 2017 02:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item