PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA PROSES PRODUKSI AYAM GORENG KALASAN UNTUK MEMINIMALISASI KELUHAN OTOT RANGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE REBA (Studi Kasus pada Sentra Industri Ayam Goreng Kalasan)

Dyah Permanaputri, Ika (2017) PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA PROSES PRODUKSI AYAM GORENG KALASAN UNTUK MEMINIMALISASI KELUHAN OTOT RANGKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE REBA (Studi Kasus pada Sentra Industri Ayam Goreng Kalasan). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sentra Ayam Goreng Kalasan memiliki 6 stasiun kerja, yaitu pemotongan ayam, pencucian ayam, pembuatan bumbu, perebusan ayam, penggorengan ayam, dan yang terakhir adalah pengemasan. Pekerja mengalami keluhan seperti pada leher, bahu, punggung atas, punggung bawah, lutut, dan kaki akibat postur kerja yang tidak alamiah, seperti berdiri sambil membungkuk, duduk dengan kepala dan punggung yang membungkuk, berdiri dengan kepala yang membungkuk dalam waktu yang lama dikarenakan tidak didukung oleh alat yang digunakan Kondisi tersebut beresiko mengakibatkan pekerja mengalami keluhan otot rangka (musculoskeletal). Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan memperbaiki postur kerjanya. Tahapan pertama penelitian ini adalah analisis Rapid Entire Body Assessment (REBA) pada semua stasiun kerja untuk mengetahui level resiko dan tindakan terhadap postur kerja. Setelah didapatkan stasiun kerja yang memiliki level resiko tertinggi, maka akan dilakukan perbaikan postur kerjanya dengan merancang alat bantu kerjanya menggunakan data anthropometri pekerja. Oleh karena itu, tahapan akhir penelitian ini adalah analisis REBA untuk menilai postur kerja pekerja ketika menggunakan alat bantu kerja yang telah dibuat. Hasil analisis REBA diperoleh stasiun kerja yang memiliki level resiko tertinggi sebesar 9, yaitu stasiun kerja penggorengan ayam untuk elemen kerja menggoreng ayam sehingga segera dilakukan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan adalah merancang alat bantu kerja berupa meja penggorengan yang ergonomis dengan dimensi tinggi 67 cm, dimensi lebar 66 cm, dan dimensi panjang 88 cm. Setelah perbaikan dilakukan analisis REBA dan didapatkan skor yang lebih rendah, yaitu 4. Alat bantu kerja yang dibuat dapat membantu pekerja dalam memperbaiki postur kerjanya dan meminimalisasi keluhan otot rangka. Kata kunci: Postur kerja, REBA, anthropometri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:35
Last Modified: 26 Sep 2017 03:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12972

Actions (login required)

View Item View Item