PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP MESSENGER TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL (SURVEY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2014 UPN “VETERAN” YOGYAKARTA)

MAGHRIBI, FITROTUR RIZA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP MESSENGER TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL (SURVEY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2014 UPN “VETERAN” YOGYAKARTA). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

xiv ABSTRAK Kemunculan smartphone dengan aplikasi instant messenger memunculkan platform baru bagi komunitas untuk berkomunikasi. Komunikasi interpersonal di kalangan mahasiswa tidak hanya terjadi secara tatap muka, namun juga dengan menggunakan media salah satunya adalah aplikasi instant Whatsapp Messenger. Komunikasi interpersonal dikatakan efektif apabila pesan diterima dan dimengerti oleh pengirim pesan dan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan secara suka rela penerima pesan, dapat meningkatkan kualitas hubungan interpersonal, dan tidak ada hambatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan penggunaan whatsapp messenger terhadap kualitas komunikasi interpersonal dikalangan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2014. Metode penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta angkatan 2014. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh penggunaan whatsapp messenger terhadap kualitas komunikasi interpersonal pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2014. Hasil analisis korelasi product moment nilai koefisien korelasi 0,558 dan signifikansi 0,000< 0,05, hasil tersebut berarti terdapat hubungan hubungan penggunaan aplikasi WhatsApp dengan kualitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta masuk dalam kategori sedang dan signifikan. Analisis regresi linier sederhana disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2014 dapat dijelaskan oleh penggunaan whatsapp messenger sebesar 68,8%, hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh penggunaan whatsapp messenger terhadap kualitas komunikasi interpersonal pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2014. Kata kunci : WhatsApp Messenger, Kualitas Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:43
Last Modified: 25 Sep 2017 04:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item View Item