MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN MENDUT RAFTING PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI

BAYU AJI ANGGORO, GUNARTO (2017) MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN MENDUT RAFTING PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Image
1.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
2.jpg

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover aja.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Mendut Rafting adalah pelaku bisnis yang menawarkan wisata rafting. Masalah yang muncul adalah bagaimana mendut rafting mampu memasarkan wisata rafting dengan model komunikasi pemasaran yang tepat, usai bencana erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Berdasarkan data yang diperolehpada tahun 2010 menunjukan bahwa terjadi penurunan angka pengunjung akibat erupsi Gunung Merapi. Hal ini menunjukan bahwa erupsi merapi menunjukan dampak langsung pada kegiatan bisnis Mendut Rafting, untuk itulah perlu strategi komunikasi yang menarik guna kembali menarik minat pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa model komunikasi yang dipakai oleh Mendut Rafting dalam memasarkan produk yang dimilikinya adalah dengan cara membangun informasi yang jelas. Informasi ini dikemas dengan baik kemudian dipasarkan melalui media. Media menjadi alat komunikasi yang tepat dan sesuai. Media dibagi kedalam dua jenis, jenis yang pertama adalah media internal. Media internal dimana mendut rafting berusaha membangun hubungan baik antar karyawan,selalu membangun koordinasi employe party, general meeting, dan training. Kekuatan hubungan yang intim pada internal berdampak pada kualitas informasi yang disampaikan kepada pengunjung. Jenis media yang kedua adalah media eksternal. Fungsi media eksternal ini adalah dengan menyebarkan informasi melalui Official Website, Sosial Media (FB, Twitter & Youtube), Kerjasama, Blog, Portal Beritadan Travel Agent. Penggunaan social media menjadi hal yang penting dikarenakan informasi dapat menyebar secara luas disisi lain harga promosi sangat murah. Juga kerjasama dengan travel agent menjadi salah satu pendukung dalam industry wisata rafting. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model komunikasi pemasaran yang dijalankan oleh Mendut Rafting dalam menyebarkan informasi terkait wisata rafting yang dijualnya sebagai produk berjalan dengan baik walaupun ada tantangan, akan tetapi dapat diatasi oleh pihak perusahaan. Kata Kunci : Model Komunikasi Pemasaran, Mendut Rafting, xv

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:04
Last Modified: 19 Jul 2017 07:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12370

Actions (login required)

View Item View Item