MASKULINITAS DALAM IKLAN SUSU (Representasi Tubuh Ideal dalam Iklan Susu HiLo Teen versi Kolam Renang di Televisi menurut Analisis Semiotika Roland Barthes)

Rompis, Adeline Sellawaty (2017) MASKULINITAS DALAM IKLAN SUSU (Representasi Tubuh Ideal dalam Iklan Susu HiLo Teen versi Kolam Renang di Televisi menurut Analisis Semiotika Roland Barthes). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 2 halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 halaman pengesahan.pdf

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of 3 abstrak.pdf]
Preview
Text
3 abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4 abstract.pdf]
Preview
Text
4 abstract.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 5 daftar isi.pdf]
Preview
Text
5 daftar isi.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Hampir semua produk yang berkaitan dengan kalsium tulang selalu
menggunakan strategi kreatif periklanan dengan menonjolkan penampilan fisik
sebagai kekuatan yang tertinggi. Termasuk pada produk susu yang kebanyakan
dari iklannya selalu menampilkan tubuh seseorang. Termasuk pada produk susu
HiLo Teen versi Kolam Renang di Televisi produksi Nutrifood Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna isi pesan dalam
merepresentasikan tubuh ideal dalam iklan susu HiLo Teen versi kolam renang di
televisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interpretative dengan
jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara, serta referensi-referensi yang
berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
konsep Semiotika model Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan 4 dari 9
formula yaitu Motivasi Komunikator, Siapa Komunikator, Konteks Fisik dan
Sosial, Intersektualitas, dan Intersubektivitas. Hasil penelitian dari iklan susu
HiLo Teen versi kolam renang di televisi ialah menginterpretasikan tubuh ideal
sebagai sisi maskulinitas yang dilihat dari penampilan tubuh yang tinggi. Temuan
penelitian ini adalah adanya pemaknaan yang mencerminkan tubuh ideal sebagai
nilai maskulinitas yaitu keaktifan gerak, kegagahan, handsome, sehat, gesit dan
kuat. Temuan lain adalah adanya mitos budaya konsumen terhadap susu HiLo
Teen.
Kata kunci: Iklan Televisi, Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan Susu
HiLo Teen versi Kolam Renang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:52
Last Modified: 15 Jun 2017 03:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item