STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. BENTANG PUSTAKA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BUKU SUPERNOVA: INTELIGENSI EMBUN PAGI KARYA DEWI LESTARI

PRAMESTIKA, ARDIERA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. BENTANG PUSTAKA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BUKU SUPERNOVA: INTELIGENSI EMBUN PAGI KARYA DEWI LESTARI. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bentang Pustaka merupakan perusahaan penerbit buku yang berdomisili di Yogyakarta. Sudah banyak buku best seller yang diterbitkan oleh PT. Bentang Pustaka, salah satunya adalah novel seri fiksi Supernova karya penulis terkenal Dewi Lestari. Supernova: Inteligensi Embun Pagi (IEP) merupakan seri ke enam atau seri terakhir dari perjalanan 15 tahun Supernova. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perencanaan strategi komunikasi pemasaran, implementasi strategi komunikasi pemasaran, segmentasi pasar, positioning, dan pesaing dari buku Supernova: Inteligensi Embun Pagi. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan pemanfaatan dokumen. Responden terdiri dari 6 individu yaitu CEO PT. Bentang Pustaka, Head Marketing Communication PT. Bentang Pustaka, Group Leader PT. Bentang Pustaka, Publicist PT. Bentang Pustaka, dan dua penggemar Supernova. Hasil penelitian ini, PT. Bentang Pustaka memiliki 2 jenis kegiatan pemasaran yaitu aktivitas online dan aktivitas offline. aktivitas online mengatur media sosial dan website Bentang Pustaka. Sedangkat aktivitas offline berupa in store activity, sales program, exclusive launching, Buzzer, dan Media Visit. In store activity memiliki kegiatan berupa road store, dressing, active selling, gimmick, program diskon, dan program bundling. Untuk kegiatan sales program diisi dengan merchandising dan membuka lapak di toko online. PT. Bentang Pustaka belum maksimal dalam melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran buku Supernova: Inteligensi Embun Pagi karena dalam masa transisi di mana bagian Marketing Communication belum dibentuk secara lengkap dan juga belum ada yang mengisi posisi Head Marketing Communication pada saat itu, sehingga tidak adanya pengawasan pekerjaan dan banyaknya kegiatan komunikasi pemasaran IEP yang hanya ditangani oleh dua orang dari bagian Marcomm yaitu Group Leader dan Publicist. Walaupun belum maksimal, namun novel Supernova: Inteligensi Embun Pagi berhasil meraih penjualan yang sangat besar yaitu 60.000 eksemplar. Kesuksesan tersebut diduga karena faktor penulis yang merupakan tokoh masyarakat terkenal dan memiliki banyak penggemar fanatik. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Penerbit Buku, Supernova, Dewi Lestari

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 May 2017 07:18
Last Modified: 23 May 2017 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item