i STRATEGI BERSAING PRODUK KPR BTN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT (Studi pada bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta )

Kurniyati, Renny (2014) i STRATEGI BERSAING PRODUK KPR BTN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT (Studi pada bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAKSI.docx

Download (16kB)

Abstract

Renny Kurniyati, NIM : 152100127 , Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul : Strategi Bersaing Produk KPR BTN Dengan Menggunakan Pendekatan SWOT (Studi Pada Bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta”. Pembimbing : Dr. Susanta, M.Si dan Sauptika Kancana, M.Si. Dewasa ini permintaan akan kebutuhan p erumahan semakin tinggi karena tingginya pertumbuhan penduduk di Indonesia. Melalui program pemberian kredit perumahan rakyat, masyarakat semakin diberikan kemudahan untuk dapat mempunyai rumah dengan cara yang lebih mudah. Bank BTN sebagai bank pionir pro gram pemberian kredit perumahan adalah salah satu bank yang cukup besar yang sangat dikenal masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi bersaing yang tepat bagi bank BTN KCP UNS serta menentukan prioritas perencanaan stra tegi bersaing yang dapat digunakan oleh bank BTN KCP UNS dengan menganalisis faktor internal dan eksternal. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh bank BTN KCP UNS. Analisis faktor internal dan eksternal juga digunakan untuk mengetahui posisi bank BTN KCP UNS saat ini yaitu pada kuadran 1 yaitu pada pertumbuhan yang agresif. Langkah awal dari penyusunan strategi adalah dengan menentukan faktor internal (IFAS) dan faktor eksternal (EFAS). Ke mudian penyusunan strategi dilakukan dengan menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan menggunakan matriks SWOT. Analisis SWOT menghasilkan alternatif strategi pengembangan. Alternatif tersebut kemudian dianalisis dengan mengguna kan matriks QSPM (Quantitive Strategic Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif strategi yang memiliki skor daya tarik tertinggi . hasil analisis menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi ekspansi pasar, pengembangan produk, dan penetrasi pa sar adalah tiga alternatif strategi terbaik yang mendapatkan tiga skor ketertarikan tertinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 17 May 2016 04:53
Last Modified: 01 Feb 2021 06:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item