PENGARUH PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA ORGANISASI YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING PADA UKM KERAJINAN BAMBU DESA WISATA SENDARI MLATI SLEMAN

VERAWATI, LIESTA (2017) PENGARUH PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA ORGANISASI YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING PADA UKM KERAJINAN BAMBU DESA WISATA SENDARI MLATI SLEMAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN LIESTA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Sentra kerajinan bambu Sendari merupakan salah satu sentra industri kecil yang terdapat di Kabupaten Sleman. Sentra ini terdiri dari sekumpulan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menghasilkan produk sejenis yaitu kerajinan mebel bambu. Sentra kerajinan bambu Sendari ini lebih menitikberatkan pada kerajinan mebel bambu karena di desa Sendari memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu usaha kerajinan mebel dari batang bambu. Dalam menghadapi itu semua, pentingnya semua pihak mulai dari supplier, manufacturer, distributor, retailer, dan customer bekerjasama dalam proses penciptaan produk sampai dengan pendistribusian produk kepada konsumen akhir melahirkan konsep supply chain management. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh supply chain management terhadap variabel keunggulan bersaing dan variabel kinerja organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sentra kerajinan bambu desa wisata Sendari, Mlati, Sleman yang berjumlah 48 UKM . Penelitian ini mengambil seluruh anggota populasi untuk diteliti yang disebut sampling jenuh atau sensus. Metode pengumpulan data dengan membagikan kuesioner. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah primer. Teknik analisis yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana yang dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji goodness of fit yang dioperasikan melalui program IBM SPSS 24,0. Dari hasil analisis regresi linear sederhana yang dilakukan, menunjukkan bahwa: keempat hipotesis diterima. Supply chain management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja organisasi dan keunggulan bersaing. Kata Kunci: Supply chain management, keunggulan bersaing, kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Mar 2017 07:21
Last Modified: 27 Mar 2017 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

View Item View Item