PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: KOMITMEN ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perum Pegadaian cabang Bengkulu)

Karnedi, Jhon (2011) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL: KOMITMEN ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perum Pegadaian cabang Bengkulu). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial : komitmen organisasi, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi sebagai variabel moderasi. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan bukti empiris tentang (a) pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial; (b) pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial; (c) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial; (d) pengaruh budaya organisasi terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial. Responden dalam penelitian ini individu yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran pada perum pegadaian cabang Bengkulu. Dari 56 kuesioner yang disebarkan, diterima kembali dan diisi lengkap sebanyak 42 kuesioner. Pengumpulan data dengan daftar pertanyaan yang diadopsi dari penelitian terdahulu. Data yang yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan moderating regression analysis (MRA) dan regresi antar variabel. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial, (2) pengaruh komitmen organisasi terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial adalah positif dan signifikan, (3) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial adalah positif dan signifikan, dan (4) pengaruh budaya organisasi terhadap hubungan partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial adalah positif dan signifikan. Kata kunci : Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kinerja Manajerial, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:55
Last Modified: 20 Feb 2017 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11398

Actions (login required)

View Item View Item