PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK ( SURVEI PADA PELANGGAN TEH BOTOL SOSRO DI KABUPATEN SLEMAN )

DIYANTO, DIYANTO (2012) PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK ( SURVEI PADA PELANGGAN TEH BOTOL SOSRO DI KABUPATEN SLEMAN ). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi minuman ready to drink
menjadi peluang bisnis bagi para pengusaha untuk terjun ke dalam industri minuman. Kebutuhan
konsumen terhadap minuman ready to drink meningkat seiring dengan adanya pergeseran
fungsi minuman, adanya perubahan gaya hidup,dan keinginan konsumen yang serba cepat dan
praktis. Pada sebagian besar masyarakat perkotaan yang mempunyai banyak aktivitas
menyebabkan perubahan pola konsumsi produk yang praktis menjadi suatu keharusan, selain
untuk kepraktisan juga untuk mendapatkan manfaat dari suatu produk minuman. Teh botol
Sosro merupakan merek minuman ready to drink yang terkenal di Indonesia. Meskipun
banyak pesaing – pesaing baru, perusahaan yang berdiri sejak tahun 1940 ini tetap mampu
bersaing, bahkan menjadi market leader minuman ready to drink kategori teh botol. Salah
satu aspek yang dituju dalam strategi pemasaran adalah loyalitas merek. Dalam
mempertahankan loyalitas merek, sudah tidak waktunya lagi pelaku bisnis hanya terfokus pada
pemenuhan keinginan dan kebutuhan pelanggan, tetapi juga harus memfokuskan kepada
pembentukan dan pemeliharaan kepercayaan hubungan pelanggan dengan merek.
Kepercayaan menurut Lau dan Lee (1999) terbagi menjadi tiga faktor, yaitu karakteristik
merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis variabel
karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik konsumen terhadap loyalitas
merek.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Dalam
penelitian ini sampel yang diambil adalah pelanggan yang mengkonsumsi teh botol Sosro
minimal tiga kali dalam seminggu yang berjumlah 100 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama – sama karakteristik merek,
karakteristik perusahaan dan karakteristik konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
merek dengan nilai F hitung sebesar 22, 828 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan
karakteristik konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Nilai t
hitung untuk karakteristik merek sebesar 5,520 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Nilai
t hitung untuk karakteristik perusahaan sebesar 3,750 dengan tingkat signifikansi sebesar
0,027. Nilai t hitung untuk karakteristik konsumen sebesar 2,031 dengan tingkat signifikansi
sebesar 0,045.koefisien regresi karakteristik merek sebesar 0, 575, karakteristik
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik merek, karakteristik
perusahaan, karakteristik konsumen berpengaruh terhadap loyalitas merek pada Teh Botol
Sosro di Kabupaten Sleman.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan diatas. Penulis menyarankan untuk
menaikkan karakteristik konsumen karena karakteristik konsumen merupakan variabel yang
paling rendah pengaruhnya terhadap loyalitas merek, hal tersebut dapat dilakukan salah satunya
dengan mengadakan iklan kreativitas pelanggan dan merealisasikan janji yang tertera dalam
slogan, sehingga konsumen merasa bahwa Sosro memiliki nilai lebih dibandingkan merek
minuman ready to drink yang lain.
Kata Kunci : Pengaruh Karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik konsumen
terhadap loyalitas merek

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:49
Last Modified: 26 Jan 2017 08:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item View Item