PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

ESTININGSIH, ESTININGSIH (2011) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL : STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan, leverage, profile perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen, kepemilikan asing terhadap coorporate social disclosure secara simultan maupun secara parsial. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peningkatan kualitas transparansi dalam pengungkapan informasi laporan tahunan badan usaha. Hal ini disebabkan karena informasi yang diungkapkan tersebut dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan atau mengambil keputusan ekonomi secara tepat. Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Berdasarkan metode purposive sampling, penelitian ini menggunakan 44 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2007-2009. Data yang diperoleh melalui pencatatan terhadap data sekunder yang telah dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan karakteristi perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan, leverage, profile perusahaan, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan manajemen, kepemilikan asing berpengaruh terhadap coorporate social disclosure. Sedangkan secara parsial, hanya ukuran dewan komisaris yang berpengaruh terhadap coorporate social dislosure. Kata kunci : Kepemilikan manajemen, kepemilikan asing dan coorporate social disclosure

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:57
Last Modified: 26 Jan 2017 01:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item