STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENAMBAHAN PRODUK BARU PADA KID’S DONAT (Studi kasus di Kid’s Donat, Sleman-Yogyakarta)

MARENDRA, I GEDE (2012) STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENAMBAHAN PRODUK BARU PADA KID’S DONAT (Studi kasus di Kid’s Donat, Sleman-Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Industri rumah tangga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kid’s donat adalah salah satu industri rumah tangga yang saat ini ingin meningkatkan usahanya. Usaha kid’s donat adalah dengan melakukan penambahan produk baru yaitu roti (bakery) dengan tujuan untuk menutupi penurunan keuntungan yang dialami. Namun belum ada studi kelayakan mengenai penambahan produk tersebut untuk jangka waktu ke depan. Studi kelayakan yang dilakukan pada usaha ini untuk mengetahui tingkat kelayakan dalam jangka waktu 10 tahun ( tahun 2012- tahun 2021). Penelitian ini dilakukan agar kerugian atau kegagalan yang mungkin pada usaha Kid’s donat dapat segera diketahui sehingga bisa diantisipasi serta dapat meningkatkan profit dan mengestimasi keuntungan bagi usaha Kid’s donat. Dalam penelitian ini akan dilakukan studi kelayakan usaha pada produk tambahan berupa roti. Studi kelayakan kid’s donat dilakukan pada aspek pasar, aspek manajemen, aspek teknik, dan aspek finansial ( NPV, IRR, Net B/C, dan Payback Periode) untuk 10 periode yang akan datang dan melakukan analisis sensitivitas dengan merubah parameter berupa pendapatan dan biaya operasional. Dari hasil studi kelayakan diperoleh bahwa investasi pengembangan usaha terhadap produk roti layak dilihat pada aspek pasar masih terdapat peluang usaha dengan meningkatnya permintaan, pada aspek teknik bangunan dan peralatan dapat menunjang jalannya proses produksi, pada aspek manajemen dengan jumlah karyawan dapat menunjang keberlanjutan jalannya usaha, pada aspek finansial dengan kriteria penilaian investasi diperoleh untuk nilai Net Present Value positif Rp. 587.644.888,23, Internal Rate Of Return yaitu 69,9%, Net B/C >1 yaitu 4,9 dan Payback Period yaitu 1.93 tahun. Analisis sensitivitas terhadap penurunan pendapatan sebesar 10% dan 15% tidak sensitif sedangkan 50% sensitif, dan kenaikan biaya operasional sebesar 10%, 20%, 50% tidak sensitif. Kata kunci: industri rumah tangga, studi kelayakan usaha, analisis sensitivitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 09 Jan 2017 01:00
Last Modified: 09 Jan 2017 01:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item