STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN USAHA HOME INDUSTRY ROTI BROWNIES ADW ( Studi Kasus Usaha Home Industry Roti Brownies ADW, Bandar Lampung )

Suprabana, Dwi Cahya (2017) STUDI KELAYAKAN INVESTASI PENDIRIAN USAHA HOME INDUSTRY ROTI BROWNIES ADW ( Studi Kasus Usaha Home Industry Roti Brownies ADW, Bandar Lampung ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Usaha home industry roti brownies ADW adalah usaha rumah tangga yang menghasilkan produk roti jenis brownies, untuk membuka atau mengembangan usaha perlu adanya study kelayakan secara baik dan benar karena sebagai faktor pertimbangan kelayakan untuk dijalankan. Pokok masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kelayakan investasi pendirian usaha untuk mengetahui seberapa besar kelayakan yang nantinya sebagai bahan pertimbangan utnuk menjalankan usaha home industry roti brownies ADW dilokasi yang baru. Studi kelayakan yang dilakukan berdasarkan aspek – aspek studi kelayakan yaitu aspek pasar, aspek manajemen, aspek teknis, aspek finanasial, dan aspek lingkungan. Untuk mengetahui tingkat kelayakan dalam penelitian ini adalah mengetahui tingkat bunga yang dipakai sebagai patokan dasar, perhitungan Net Present Value (NPV), perhitungan Internal Rate Of Return (IRR), perhitungan Profitability Indeks (PI),bperhitungan Payback Period (PP).serta perhitungan tingkat sensitivitas dalam tingkat penurunan pendapatan dan kenaikan biaya operasional tertentu. Aspek pasar merupakan ketersediaan pangsa pasar market space yang ada sebanyak 1.796 tempat, sedangkan untuk market share sendiri hanya 600 tempat. Aspek manajemen merupakan kebutuhan manajemen untuk menjalankan usaha ini meliputi 10 orang pekerja, dimana 4 orang bertugas memproduksi dan 6 lainnya memasarkan produk. Aspek teknis berisikan biaya sewa bangunan, peralatan yang digunakan, dan harga peralatan dengan kenaikan 10% pertahunnya dapat dapat ditutup dengan keuntungan berdasarkan arus kas yang diterima. Aspek finansial berupa penilaian investasi diperoleh dengan metode Net Presen Value (NPV) : sebesar Rp377.489.376,00 (NPV>0), metode payback period (PP) : yaitu 0,4 periode atau 4,8 bulan, metode Internal Rate of Return (IRR) >17% yaitu 267,50 %, metode Profitabilitas Indek (PI) 17,15. Serta usaha home industry roti brownies ADW tidak sensitiv atau tetap layak terhadap penurunan pendapatan sebesar 20% , 40% dan 50%, dan tidak sensitiv untuk analisis sensitivitas kenaikan operasional 10%, dan 30%.Dan aspek lingkungan merupakan limbah yang dihasilkan hanyalah roti hasil penjualan yang tersisa, kemudian limbah tersebut dikumpulkan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya, sehingga akibat kerusakan lingkungan yang dihasilkan oleh usaha ini bisa diminimalkan. Kata kunci : kelayakan investasi, analisis sensitivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:13
Last Modified: 06 Jan 2017 04:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item