ANALISIS SWOT PADA UMKM BOROBUDUR SABLON

MARTEN, ROY (2012) ANALISIS SWOT PADA UMKM BOROBUDUR SABLON. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of Doc1.pdf]
Preview
Text
Doc1.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis SWOT Pada UMKM Borobudur Sablon”.
Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan
UMKM BOROBUDUR SABLON, untuk menganalisis kelemahan UMKM
BOROBUDUR SABLON, untuk menganalisis peluang UMKM BOROBUDUR
SABLON, dan untuk menganalisis ancaman UMKM BOROBUDUR SABLON. Obyek
yang diteliti dalam penelitian ini adalah strategi SWOT (Strengths, Weaknesses,
Opportunuties, dan Threats) UMKM BOROBUDUR SABLON. Teknik analisa data
dalam penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Analisis SWOT adalah sebuah
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strengths,
Weaknesses, Opportunuties, dan Threats terlibat dalam proyek atau dalam bisnis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dalam UMKM ini dilihat dari bahan baku yaitu,
berbagai macam jenis dan warna kain tersedia, sedangkan untuk tenaga kerja UMKM ini
mempunyai tenaga kerja biasa sampai yang ahli. Selain itu UMKM ini juga mempunyai
kekuatan dalam hal lokasi yang cukup strategis, berbagai macam produk yang dihasilkan,
dan mempunyai nilai tambah dari produk maupun layanan, yaitu mampu bersaing dengan
UMKM lain yang sejenis dalam hal kualitas sablon, jahitan dan lain-lain. Kelemahan
dalam UMKM ini yaitu dari modal, sistem pembukuan, perbedaan kualitas produk
dengan pesaing, dan keahlian pemasaran, semua itu telah berjalan dan mungkin bisa lebih
menjadi baik. Dengan melihat kekuatan dan kelemahan, maka peluang kedepan untuk
menjalankan UMKM ini lebih maju, membutuhkan tega kerja yang lebih dari tahun lalu,
membutuhkan tenaga kerja yang lebih produktif agar produk yang dihasilkan lebih
maksimal. Sehingga untuk tahun selanjutnya UMKM ini mampu berkembang lebih luas
dalam hal penjualan produk jadi, mampu menerik investor untuk bekerja sama dalam
usaha ini. Ancaman dalam UMKM ini yaitu mampu mengatasi adanya pesaing yang
mempunyai jenis produk sama, harga murah, layanan yang lebih. Dan kelemahan tenaga
kerja bisa terjadi jika pesanan berkurang, maka kedepan pesanan harus lebih stabil agar
tenaga kerja bisa maksimal mengerjakan produk dari pelanggan maupun konsumen.
Kata kunci : Strengths, Weaknesses, Opportunuties, dan Thre

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:51
Last Modified: 27 Dec 2016 01:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item View Item