ANALISIS VARIABEL PRODUK YANG BERPENGARUH TERHADAP KONSUMEN ( Studi Kasus pada Sepeda Motor Mio Sporty dan Scoopy)

SETIAWAN, YANIE (2012) ANALISIS VARIABEL PRODUK YANG BERPENGARUH TERHADAP KONSUMEN ( Studi Kasus pada Sepeda Motor Mio Sporty dan Scoopy). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.Cover.pdf]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 2.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI YANIE SETIAWAN.pdf] Text
SKRIPSI YANIE SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sekarang ini sangat ketat. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi sebagai sarana penunjang, sepeda motor telah menjadi pilihan utama sebagai sarana transportasi karena harganya lebih murah, lebih lincah, lebih irit bahan bakar dan mudah penggunaanya dibandingkan sarana transportasi lain seperti mobil. Para perusahaan otomotif di Indonesia saling bersaing dalam hal keunggulan hingga jenis motor yang diproduksi. Scoopy adalah produk dari PT. Astra Honda Motor (AHM) yang resmi diluncurkan pada awal tahun 2010. Sedangkan, Mio Sporty adalah skuter matic yang menjadi produk unggulan bagi PT. Yamaha Indonesia Motor yang merupakan produk kompetitor dari AHM. Dalam persaingan yang ketat ini perusahaan perlu mengetahui secara rinci hal – hal yang menimbulkan daya tarik untuk membeli produk yang dibuatnya. Pemahaman tentang atribut atau variabel dalam memilih dan membeli suatu produk sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan keberadaan merknya dalam bersaing dipasar, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi karateristik variabel produk sepeda motor Honda Scoopy dan Yamaha Mio Sporty seperti yang diinginkan oleh konsumen di Kabupaten Sleman.
Penelitian ini menggunakan analisis cluster dan crosstab. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 49 konsumen untuk masing – masing pengguna Mio Sporty dan Scoopy.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk masing – masing konsumen Mio Sporty dan Scoopy dapat dikelompokkan ke dalam empat segmen pasar. Pada konsumen Mio Sporty, variabel yang diprioritaskan di segmen 1, 2, 3, dan 4, berturut – turut adalah sistem starter bagus, banyak pilihan warna yang menarik, desain motor yang menarik, dan kapasitas tangki bahan bakar yang besar. Sedangkan, pada konsumen Scoopy adalah desain motor yang menarik dan sistem keamanan standar samping untuk segmen 1, segmen 2 pada sistem keamanan standar samping dan posisi berkendara yang nyaman, segmen 3 pada sistem keamanan standar samping dan pada segmen 4 adalah irit bahan bakar dan V belt mesin tahan lama.
Kata Kunci : Mio Sporty, Scoopy, Analisis Clustering

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Dec 2016 03:13
Last Modified: 06 Jan 2023 08:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item