APLIKASI MONITORING DAN INVENTORI DATA RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MOBILE STUDI KASUS DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YOGYAKARTA

Julianta, Yoga (2016) APLIKASI MONITORING DAN INVENTORI DATA RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MOBILE STUDI KASUS DI DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rambu lalu lintas adalah salah satu alat perlengkapan jalan dalam bentuk tertentu yang menurut lambang, huruf, angka, kalimat dan perpaduan diantaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan. Selama ini setelah pihak Dinas Perhubungan melakukan pemasangan rambu, tidak adanya tindakan untuk melakukan pengecekan rambu secara berkala dikarenakan tidak adanya data keberadaan setiap rambu lalu lintas yang telah terpasang, oleh karena itu tingkat kerusakan rambu selama ini tidak bisa dipantau oleh pihak Dinas Perhubungan, karena tidak adanya tindakan tersebut maka kerap kali menjadi faktor penyebab tidak berfungsinya rambu lalu lintas tersebut yang pada umumnya sangat penting bagi keselematan pengguna jalan. Sistem yang ada saat ini untuk menangani pendataan rambu masih tergolong manual. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan melalui beberapa tahap meliputi tahap analisis masalah, tahap analisis kebutuhan sistem, pengumpulan data dan pengembangan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer (wawancara,Observasi). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah GRAPPLE (Guidelines for Rappid Application Engineering) dan bahasa pemodelan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Aplikasi ini dibangun menggunakan Android Studio, Framework Code Igniter, bahasa pemograman java dan PHP, serta PHPMyAdmin untuk manajemen databasenya. Pada aplikasi ini melibatkan petugas Dinas Perhubungan sebagai penguna smartphone android. Petugas akan memberikan laporan mengenai kondisi rambu berdasarkan tugas yang telah diinputkan oleh admin, dan petugas juga bias menginputkan data lokasi rambu yang belum terdata di kota Yogyakarta. Kata Kunci : Rambu lalu lintas, Dinas Perhubungan , Pendataan rambu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Dec 2016 02:31
Last Modified: 23 Dec 2016 02:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item