SEPTIAN PUTRANTO, RISANG (2012) PENGARUH MEREK TUJUAN WISATA ( DESTINATION BRAND ) TERHADAP KEPUASAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK 1.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu bentuk industri pariwisata yang belakangan ini
menjadi tujuan dari sebagian besar masyarakat. Pariwisata memberikan “suguhan” kepada
wisatawan berupa keindahan alam seperti air terjun, lembah, sungai, panorama pegunungan,
danau, keanekaragaman hayati dan pesona alami lainnya seperti terumbu karang, pantai yang
indah dan lain sebagainya. Pertemuan Nasional Pariwisata (1996) mendefinisikan pariwisata
sebagai suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan wisata yang bertanggung jawab ditempattempat/
daerah-daerah alami dan atau tempat-tempat/daerah-daerah yang dibuat berdasarkan
kaidah alam yang mendukung upaya-upaya pelestarian/penyelamatan lingkungan (alam dan
kebudayaannya) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Berdasarkan definisi
tersebut maka keberhasilan pembangunan pariwisata dapat dilihat dari kemampuannya dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui ada pengaruh citra merek,
kesadaran merek dan persepsi kualitas secara serempak terhadap kepuasan . (2). Untuk
mengetahui ada pengaruh citra merek, kesadaran merek dan persepsi kualitas secara parsial
terhadap kepuasan.
Penelitian dilakukan di daerah Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan
desember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik penarikan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknk purposive sampling. Yang menjadi
sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berada di 3 lokasi terpilih yaitu , Bandara
Adisucipto, Statsiun Tugu dan Candi Prambanan. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis SWOT yang dilakukan oleh penelitian terdahulu yaitu (Huh, 2006)
mengatakan bahwa kesadaran merek signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dan persepsi
kualitas memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Sedangkan
dalam penelitian ini dengan menggunakan Analisis Regresi Linear berganda meunjukkan
bahwa persepsi kualitas sangat berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Terwujudnya
Yogyakarta sebagai tujuan wisata perlu adanya usaha dari pemerintah untuk meningkatkan
dan mengoptimalkan serta pemanfaatan potensi pariwisata agar dapat meningkatkan
pendapatan ekonomi masyarakat dan pengembangan wilayah dengan tetap memperhatikan
konsep pelestarian.
Kata Kunci : Merek, Destination Brand, Pariwisata, Analisis regresi linear berganda
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 16 Dec 2016 08:26 |
Last Modified: | 16 Dec 2016 08:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |