PENGARUH UKURAN PEUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009)

DEWI PUSPITA SARI, VIKI (2012) PENGARUH UKURAN PEUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK, DAN NILAI PERUSAHAAN TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2009). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, struktur kepemilikan publik, dan nilai perusahaan terhadap perataan laba (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2007- 2009). Faktor-faktor yang diuji adalah ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, struktur kepemilikan publik, dan nilai perusahaan. Indeks eckel digunakan untuk menentukan praktik perataan laba. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode 2007-2009, sebagai sampel. Pengujian hipotesis menggunakan metode binary logistic regression karena menggunakan variabel dummy dengan dua kategori yaitu perusahaan yang melakukan praktik perataan laba dan perusahaan yang tidak melakukan praktik perataan laba. Sampel yang digunakan dalampenelitian ini adalah 66 perusahaan manufaktur selama 3 tahun 2007-2009. Hasil penelitian menggunakan indeks eckel bahwa ukuran perusahaan, leverage, dan struktur kepemilikan publik, tidak berpengaruh signifikan terhadap peraktik perataan laba. Profitabilitas dan nilai perusahaan berpengaruh signifikan terhadap tindakan perataan laba. Kata Kunci : Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Struktur Kepemilikan Publik, dan Nilai Perusahaan terhadap Praktik Perataan Laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:32
Last Modified: 16 Dec 2016 04:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item