APLIKASI UNTUK ANALISIS KERANJANG BELANJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-COVERING (STUDI KASUS : MINIMARKET VALENTINE, MANUKAN, CONDONGCATUR)

ELFVIYANI, LIZA (2012) APLIKASI UNTUK ANALISIS KERANJANG BELANJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY C-COVERING (STUDI KASUS : MINIMARKET VALENTINE, MANUKAN, CONDONGCATUR). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Dalam persaingan yang semakin ketat, dimana banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen yang menyebabkan setiap perusahaan ritel harus menempatkan orientasi kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama dan diyakini sebagai kunci utama untuk memenangkan persaingan dengan memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian barang dan jasa dengan harga bersaing. Swalayan minimarket merupakan tempat yang menyediakan atau yang menjual barang kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan rumah tangga bagi konsumen, sehingga swalayan dapat meningkatkan kualitas pelayanannya agar menjadi lebih ba ik l agi dima t a kons umen , dan konsumen juga merupakan salah satu pilar penting di dalam melakukan relasi bisnis (khususnya bisnis ritel). Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah pemilik toko tidak bisa mengetahui barang apa yang sering dibeli oleh konsumen. Tujuan penelitian ini dibuat yaitu untuk mengatur penempatan barang yang sering dibeli bersamaan dalam sebuah rak yang berdekatan. Analisis keranjang belanja (Market Basket Analysis) merupakan proses menganalisa data penjualan pada sebuah minimarket yang salah satu metode dalam penambangan data (data mining) yang bertujuan untuk menemukan barangbarang yang sering dibeli bersamaan dari data transaksi. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy C – Covering merupakan suatu algoritma analisis keranjang belanja yang akan digunakan untuk mengolah data penjualan dan menghasilkan kombinasi barang yang saling berelasi dalam nota transaksi. Software yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Ms. Visual Basic 6.0 dan SQL Server. Hasil penelitian ini menggunakan parameter dasar assosiasi yaitu minimum support (nilai penunjang) yaitu presentase kombinasi item tersebut dalam database dan minimum confidence (nilai kepastian) yaitu kuatnya hubungan antar item dalam aturan asosiasi. Fiturfitur yang disediakan di sistem ini adalah : 1) Proses analisa digunakan untuk melakukan proses data penjualan sesuai dengan level analisa dan bulan penjualan yang diinginkan oleh pengguna, 2) Hasil analisa digunakan untuk melakukan pengamatan terhadap hasil analisa yang terbaru, 3) Cetak hasil digunakan untuk mencetak hasil analisa sesuai dengan kombinasi item yang diinginkan oleh pengguna, 4) Keluar. vii

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:16
Last Modified: 06 Dec 2016 03:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9822

Actions (login required)

View Item View Item