PENGARUH PANGSA PASAR, RATIO LEVERAGE, INTENSITAS MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di BEI)

ISTIKAWATI, NITA (2013) PENGARUH PANGSA PASAR, RATIO LEVERAGE, INTENSITAS MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di BEI). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (English).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Studi ini meneliti empat proksi rasio-rasio yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Proksi tersebut meliputi pangsa pasar, rasio leverage, rasio intensitas modal dan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan perusahaan barang konsumsi yang go-public di Indonesia sepanjang tahun 2007-2011 dengan total sampel sebanyak 26 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda berganda. Uji t dan Uji F digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, keempat variabel secara simultan tidak berpengaruh terhadap ROA. Kedua, keempat variabel secara simultan berpengaruh terhadap ROE. Ketiga, secara parsial keempat variabel tidak berpengaruh terhadap ROA. Dan hasil uji hipotesis keempat menunjukkan bahwa hanya variabel rasio intensitas modal yang berpengaruh secara parsial terhadap ROE. Berdasarkan nilai R2, hasil analisis regresi ROE lebih robust dibandingkan hasil analisis regresi ROA. Keyword: Profitabilitas, ROA dan ROE. This study investigates four proxies of ratios influence in the company profitability. These proxies are market share, leverage ratio, capital-intensive and size. The sample of the present study consist of the 26 firms, which have been listed at Jakarta Stock Exchange. The annual financial report data employed spans the years 2007 – 2011. Research finding shows that: First, market share, leverage ratio, capitalintensive and size are not simultaneously significant to influence Return on Assets. Second, market share, leverage ratio, capital-intensive and size are simultaneously significant to influence Return on Equity. Third, all proxies are not partially significant to influence Return on Assets. Fourth, only capital-intensive is partially significant to influence Return on Equity. Key: Profitability, ROA & ROE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 30 Nov 2016 01:28
Last Modified: 30 Nov 2016 01:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9608

Actions (login required)

View Item View Item