ISTIKAWATI, NITA (2013) PENGARUH PANGSA PASAR, RATIO LEVERAGE, INTENSITAS MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAAN TERHADAP PROFITABILITAS (Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di BEI). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRACT (English).pdf Download (7kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Studi ini meneliti empat proksi rasio-rasio yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan.
Proksi tersebut meliputi pangsa pasar, rasio leverage, rasio intensitas modal dan ukuran
perusahaan. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan perusahaan barang konsumsi
yang go-public di Indonesia sepanjang tahun 2007-2011 dengan total sampel sebanyak 26
perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis regresi berganda berganda. Uji t dan Uji F digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, keempat variabel secara simultan tidak
berpengaruh terhadap ROA. Kedua, keempat variabel secara simultan berpengaruh terhadap
ROE. Ketiga, secara parsial keempat variabel tidak berpengaruh terhadap ROA. Dan hasil uji
hipotesis keempat menunjukkan bahwa hanya variabel rasio intensitas modal yang berpengaruh
secara parsial terhadap ROE. Berdasarkan nilai R2, hasil analisis regresi ROE lebih robust
dibandingkan hasil analisis regresi ROA.
Keyword: Profitabilitas, ROA dan ROE.
This study investigates four proxies of ratios influence in the company
profitability. These proxies are market share, leverage ratio, capital-intensive and
size. The sample of the present study consist of the 26 firms, which have been
listed at Jakarta Stock Exchange. The annual financial report data employed spans
the years 2007 – 2011.
Research finding shows that: First, market share, leverage ratio, capitalintensive
and size are not simultaneously significant to influence Return on
Assets. Second, market share, leverage ratio, capital-intensive and size are
simultaneously significant to influence Return on Equity. Third, all proxies are not
partially significant to influence Return on Assets. Fourth, only capital-intensive is
partially significant to influence Return on Equity.
Key: Profitability, ROA & ROE
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 01:28 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 01:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |