IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENYIARAN RADIO GERONIMO FM JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN AUDIENCE ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Radio Geronimo FM Jogja )

TRIMARDIANTO, WIDDY (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENYIARAN RADIO GERONIMO FM JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN AUDIENCE ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Radio Geronimo FM Jogja ). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Radio Geronimo FM merupakan salah satu radio yang sudah lama berdiri di kota Yogyakarta. Sebagai radio yang sudah lama berdiri radio Geronimo FM Jogja dituntut untuk mempertahankan audience dengan persaingan yang ketat seiring munculnya radio – radio baru. Salah satu strategi yang dilakukan oleh radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan audience adalah dengan melakukan manajemen penyiaran. Penelitian ini mengkaji mengenai implementasi manajemen penyiaran radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan audience mulai dari tahap perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu mengamati fenomena yang dialami oleh subyek penelitian, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang mendalam dengan pihak Radio Geronimo FM Jogja. Subjek penelitian adalah divisi Marketing Radio Geronimo FM Jogja, divisi Program Radio Geronimo FM Jogja, dan pendengar atau audience radio Geronimo FM Jogja. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep manajmen penyiaran menurut Wahyudi, yaitu manajemen penyiaran dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mempengaruhi atau memanfaatkan kepandaian atau keterampilan orang lain, untuk merencanakan memproduksi, dan menyiarkan siaran, dalam usaha mencapai tujuan bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen penyiaran radio Geronimo FM Jogja dalam mempertahankan audience terbagi dalam empat proses, tahap perencanaan (planning) yang dilakukan oleh Radio Geronimo FM Jogja berupa pencarian ide materi siaran, penetapan penyiar sampai penentuan pendengar, tahap pengorganisasian (organizing) yang dilakukan berupa pembagian job description yang sesuai dengan keahlian sumber daya yang ada, pada tahap pengarahan atau memberikan pengaruh (directing / influencing) yang dilakukan oleh general manager mengarahkan karyawan untuk melaksanakan tanggung jawab mereka dengan memberikan motivasi agar tercipta hasil yang diharapkan, pengawasan (controlling) general manager dari Radio Geronimo FM Jogja mengawasi setiap program acara yang disiarkan serta melakukan evaluasi pada setiap program – program acara yang sudah disiarkan. Geronimo FM Radio Jogja is one of radio's long-standing in the city of Yogyakarta. As a long-standing Geronimo FM radio Jogja required to maintain the audience with intense competition with the rise of the new radio’s. One of the strategies undertaken by Geronimo FM radio Jogja in maintaining the audience is to do broadcast management. This study examines the implementation of Geronimo FM radio Jogja broadcasting management in a maintaining audience from the planning stage (planning), organizing (organizing), implementation (actuating), and monitoring (controlling). The method used is descriptive qualitative observed phenomena experienced by the study subjects, the data collection techniques used was interviews, observation, and in-depth documentation with the Geronimo FM Radio Jogja. Research subject is a marketing division of Geronimo FM Radio Jogja. The concepts used in this study is management concept of broadcast by JB Wahyudi , namely broadcast management can be defined as ability of a person to influence or utilize other people's cleverness or skills, to plan production, and to broadcast, in an effort to achieve a common goal. The results showed that the implementation of Geronimo FM radio Jogja of broadcasting management in maintaining the audience are divided into four processes, planning stages (planning) is done by Geronimo FM Radio Jogja search form ideas broadcast material, the determination of the broadcaster until the determination of the audience, the stage of organizing (organizing) a distribution made in accordance with the job description expertise of existing resources, the stage direction or influence (directing / Influencing) conducted by general manager mengarakan employees to carry out their responsibilities by providing the motivation to create the expected results, monitoring (controlling) the general manager of Geronimo FM Radio Jogja watching every program broadcast event and do an evaluation of each program - programs that have been broadcast.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/8895

Actions (login required)

View Item View Item